NasDem, Demokrat dan PKS Resmi Tanda Tangan Piagam Koalisi Perubahan Usung Anies di Pilpres 2024

| 24 Mar 2023 19:51
NasDem, Demokrat dan PKS Resmi Tanda Tangan Piagam Koalisi Perubahan Usung Anies di Pilpres 2024
Penandatanganan Piagam Koalisi Perubahan (Gabriella Thesa Widiari/Era)

ERA.id - Partai NasDem, Partai Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) resmi membentuk Koalisi Perubahan untuk Persatuan yang mengusung mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon presiden di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Terbentuknya Koalisi Perubahan itu ditandai dengan telah ditandatanganinya piagam kerja sama oleh tiga ketua umum partai politik.

Adapun pengumuman terbentukanya Koalisi Perubahan itu disampaikan oleh tim kecil yang diwakili oleh Sudirman Said, Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya dan Sugeng Suparwoto, Sekjen Partai Demokrat Teuku Riefky, Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Sohibul Iman, dan Ketua DPP PKS Al Muzzammil Yusuf.

"Hari ini milestone baru yaitu telah ditandatangani piagam Koalisi Perubahan," ujar perwakilan Anies Baswedan, Sudirman Said dalam konferensi pers di Sekretariat Perubahan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (24/3/2023).

"Dengan piagam itu, secara formal tiga partai secara bulat mengusung Anies Baswedan sebagai calon presiden," imbuhnya.

Sementara Willy menegaskan, dengan ditandatanganinya piagam kerja sama tersebut maka resmi pula Koalisi Perubahan terbentuk.

Namun, untuk deklarasi bersama yang melibatkan tiga partai pengusung Anies Baswedan akan dilakukan apabila pasangan calon presiden dan wakil presiden sudah ditetapkan.

"Dengan ditandatanganinya piagam ini, Koalisi Perubahan untuk Persatuan resmi terbentuk," kata Willy.

"Kami akan melakukan deklarasi bersama ketika dwitunggalnya terbentuk," lanjutnya.

Sebagai informasi, adannya dokumen kerja sama politik Koalisi Perubahan itu diketahui dari undangan deklarasi piagam Koalisi Perubahan yang tersebar WhatsApp grup media pada Rabu (23/3) malam.

Dalam undangan yang tersebar atas nama Humas Koalisi Perubahan itu disebutkan, acara deklarasi Piagam Koalisi Perubahan dilakukan di kawasan Kebayoran, Jakarta pada pukul 21:00 WIB.

Namun, satu jam setelah undangan itu beredar. Muncul pesan baru, isinya pembatalan acara dengan alasan teknis.

Belakangan diketahui, tiga partai politik yaitu Partai NasDem, Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) telah menandatangani dokumen perjanjian kerja sama Koalisi Perubahan.

"Presiden Ahmad Syaikhu sudah mendandatangani MoU tiga partai koalisi pengusung Anies Baswedan. Jadi, Alhamdulillah, tiga partai sudah signed semua," kata Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Sohibul Iman.

Rekomendasi