Tak Masalah Timnas Israel U-20 Main di Indonesia, Ketua PBNU: Buat Apa Penolakan? Belum Tentu Palestina Rugi

| 24 Mar 2023 21:29
Tak Masalah Timnas Israel U-20 Main di Indonesia, Ketua PBNU: Buat Apa Penolakan? Belum Tentu Palestina Rugi
Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya (ANTARA/HO-PBNU/am.)

ERA.id - Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Yahya Cholil Staquf mengaku, tak masalah apabila Tim Nasional Israel ikut berlaga di pertandiangan Piala Dunia U-20 di Indonesia.

Menurutnya, belum tentu pula kehadiran Timnas Israel dalam ajang sepak bola dunia di Tanah Air membawa kerugian bagi posisi Palestina.

"Menurut saya sih ndak masalah. Belum tentu Palestina rugi kok. Sekarang kalau Israel datang ke sini, apakah Palestina rugi? Enggak juga," kata Yahya di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (24/3/2023).

Dia justru mempertanyakan sikap sejumlah pihak yang menolak kedatangan Timnas Israel ke Indonesia. Menurutnya, percuma menolak tanpa memberikan solusi.

"Ketika berpikir tentang Palestina, ingin membela Palestina, mereka bukan cuma teriak lalu tidur. Apa yang harus dilakukan selanjutnya itu apa? Ke aman arah dari solusi? Ini yang harus dipikirkan," ucapnya.

Yahya menilai, seharusnya melalui ajang yang diselenggarakan FIFA itu, Indonesia harus mampu menaikan daya tawar di dunia internasional.

Menurutnya, hal itu merupakan salah satu solusi yang harus dilakukan. Sehingga, Indonesia bisa membantu perjuangan Palestina.

"Kita kembangkan positioning Indonesia melalui FIFA ini. Sehingga kita betul-betul mempunyai posisi moral yang meningkat untuk terus mengartikulasikan arah dari solusi Palestina," ucapnya.

"Saya kira itu lebih konstruktif daripada sekedar protes, tidur, protes tidur. Enggak ada gunanya," imbuh Yahya.

Meski begitu, kakak kandung Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas itu mengaku, pendapatnya ini merupakan pandangan pribadi.

Dia tak membicarakan prihal pro kontra Timnas Israel di Piala Dunia U-20 dengan Presiden Joko Widodo saat keduanya bertemu.

"Ndak juga sih, itu pandangan kami," kata Yahya.

Keikutsertaan timnas Israel di Piala Dunia U-20 telah menuai pro-kontra. Beberapa pihak di Indonesia mengecam Israel karena konfliknya dengan Palestina.

Kehadiran Israel pun menjadi pembicaraan hangat publik. Sebagian pihak menilai Indonesia tak mendukung Palestina karena mengizinkan Israel tampil di turnamen junior level dunia tersebut.

Timnas U-20 Israel berhak tampil di Piala Dunia U-20 2023 Indonesia setelah menjadi finalis Piala Eropa U-19 2022.

Piala Dunia U-20 2023 akan dilaksanakan di Indonesia pada 20 Mei-11 Juni 2023.

Sampai saat ini, sudah ada 20 negara, dari total 24, yang dipastikan tampil di Piala Dunia U-20 2023, yaitu Indonesia, Republik Dominika, Guatemala, Honduras, Amerika Serikat, Fiji, Brazil, Uruguay, Kolombia, Ekuador, Selandia Baru, Inggris, Prancis, Israel, Italia, Slovakia, Gambia, Nigeria, Senegal dan Tunisia.

Rekomendasi