Koalisi Perubahan Pakai Rumah Bekas Menhankam Era Soeharto Jadi Markas Anies Baswedan

| 26 Mar 2023 14:19
Koalisi Perubahan Pakai Rumah Bekas Menhankam Era Soeharto Jadi Markas Anies Baswedan
Rumah Bekas Menhankam Era Soeharto Jadi Markas Anies Baswedan. (Gabriella/ERA)

ERA.id - Rumah mewah lawas berkelir dominan putih di ujung Jalan Brawijaya X, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan bakal ramai dengan kunjungan pejabat di tahun politik jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Rumah nomor 46 itu diketahui terpilih menjadi kantor Sekretariat Perubahan yang bakal digunakan untuk pertemuan maupun konferensi pers yang digelar Koalisi Perubahan maupun bakal calon presiden Anies Baswedan.

"Jadi kalau ada pertemuan-pertemuan, event media di sini," kata perwakilan Anies Baswedan, Sudirman Said kepada wartawan, dikutip Minggu (26/3/2023).

Lalu, milik siapa rumah mewah itu sebenarnya? Menurut Sudirman, rumah tersebut merupakan bekas kediaman mantan Menteri Pertahanan dan Keamanan era Presiden RI Soeharto, Jenderal TNI (Purn) Poniman.

"Ini dulu kediamannya Pak Jenderal Poniman. Itu Menhan di zamannya Pak Harto," kata Sudirman.

Keluarga Jenderal Poniman menghuni rumah tersebut selama 52 tahun. Namun, setelah sang jenderal dan istrinya meninggal, rumah itu dijual lalu dibeli oleh seorang pengusaha.

Karena itu pula, rumah bergaya lawas itu terlihat tengah direnovasi di beberapa bagian.

"Beliau di sini 52 tahun, kemudian setelah beliau wafat, ibunya (istri) juga wafat, kemudian dibeli oleh seorang pengusaha," ucap Sudirman.

"(Kantor Sekretariat Perubahan) diresmikan sih belum, karena kan ini masih ditata, tapi sudah mulai bisa digunakan," imbuhnya.

Sudirman tak mau membongkar siapa pengusaha yang membeli rumah Jenderal Poniman. Dia hanya mengatakan, bangunan ini hanya dipinjamkan karena kebetulan sang pengusaha merupakan sahabat lama Anies.

Alasan lainnya Koalisi Perubahan memilih rumah di kawasan Kebayoran Baru untuk dijadikan markas bersama karena letaknya cukup strategis, dekat dengan jalan besar, dan berseberangan dengan masjid.

"Dipinjamkan oleh pemilik baru. Rumah sebesar ini pastu yang mampu membeli kan orang yang punya uang. (Pengusaha) itu sahabatnya pak Anies, sahabat lama," ucapnya.

Selain rumah di kawasan Kebayoran Baru, Koalisi Perubahan juga sudah memiliki beberapa tempat untuk dijadikan markas pemenangan Anies. Termasuk untuk tempat berkumpulnya para relawan.

Diantaranya sebuah rumah di Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat. Namun Sudirman tak merinci letak persisnya rumah tersebut. Diketahui, pada Pilpres 2019 lalu, Ma'ruf Amin sempat menempati salah satu rumah di kawasan tersebut.

"Jadi nanti ada beberapa tempat. Di Situbondo juga ada. Ya rumah kaya gini," ucapnya.

Nantinya, rumah di Jalan Situbondo, Menteng itu akan digunakan sebagai tempat pertemuan maupun rapat Koalisi Perubahan untuk menyusun strategi pemenangan Pemilu 2024.

"Ya meeting point saja, tempat pertemuan," ucap Sudirman.

Sebagai informasi, Sekretariat Perubahan yang terletak di Jalan Brawijaya X Nomor 46, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan itu perdana digunakan untuk mendeklarasikan piagam kerja sama Partai NasDem, Partai Demokrat dan PKS yang sepakat mengusung Anies Baswedan sebagai calon presiden.Deklarasi itu digelar pada Jumat (24/3) menjelang buka puasa.

Rekomendasi