Sah, Jokowi Resmi Lantik Dito Ariotedjo Sebagai Menpora, Gantikan Zainudin Amali

| 03 Apr 2023 16:26
Sah, Jokowi Resmi Lantik Dito Ariotedjo Sebagai Menpora, Gantikan Zainudin Amali
Presiden Joko Widodo saat melantik Menpora baru pengganti Zainudin Amali (Dok Sekretariat Negara)

ERA.id - Presiden Joko Widodo melantik politisi muda Partai Golkar Dito Ariotedjo sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), menggantikan Zainudin Amali.

Pelantikan digelar di Istana Negara, Jakarta, Senin (3/4/2023) sore.

Sebelum resmi dilantik, Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara Setya Utama membacakan surat Keputusan Presiden Nomor 26/P Tahun 2023 tentang pengakatan menteri pemuda dan olahraga Kabinet Indonesia Maju periode 20192024.

Setelah surat keputusan presiden dibacakan, Dito kemudian mengucapkan sumpah jabatan yang dipandu langsung oleh Presiden Jokowi.

"Demi Allah, saya bersumpah bahwa saya, akan setia kepada Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas tugas dan jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh penuh rasa tanggung jawab," ucap Dito yang dipandu oleh Jokowi.

Diketahui, Zainudin Amali mengundurkan diri dari jabatan menpora tak lama setelah terpilih sebagai Wakil Ketua Umum I Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI). Dia memilih fokus berada di PSSI mendampingi Erick Thohir.

Adapun Dito Ariotedjo merupakan salah satu nama yang diusulkan Ketua Umum Partai Golkar yang juga Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto kepada Jokowi.

Sebagai informasi, kursi menpora merupakan jatah menteri milik Partai Golkar.

Rekomendasi