Ridwan Kamil Duduki Posisi Teratas Cawapres dalam Survei LSI

| 10 Apr 2023 11:22
Ridwan Kamil Duduki Posisi Teratas Cawapres dalam Survei LSI
Ridwan Kamil (Antara)

ERA.id - Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis hasil survei nasional yang mereka lakukan pada 31 Maret - 4 April 2023.

Dalam paparan yang dilakukan secara daring pada Minggu, 9 April 2023, Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan turut menyampaikan hasil survei calon wakil presiden (cawapres) untuk pemilu serentak tahun depan. Lagi-lagi, nama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menduduki posisi teratas dalam hasil survei tersebut.

Kepada ribuan responden yang diwawancarai dalam survei itu, LSI melayangkan pertanyaan dengan simulasi delapan nama cawapres. Hasilnya, Ridwan Kamil yang paling banyak dipilih.

”Untuk wakil presiden, nama dua terbesar itu masih Ridwan Kamil dan Sandi Uno,” ungkap Djayadi.

Ridwan Kamil mendapat dukungan dari 19,6 persen responden. Sementara Sandi Uno 18,9 persen.

Di bawah mereka ada nama Erick Thohir, Agus Harimurti Yudhoyono, Khofifah Indar Parawansa, Puan Maharani, Airlangga Hartarto, dan Muhaimin Iskandar.

Namun tidak ada satupun dari nama-nama tersebut yang mendapat dukungan di atas 15 persen. Bahkan sebagian besar diantaranya hanya mendapat dukungan di bawah sepuluh persen.

Hasil survei tersebut menunjukkan bahwa sejauh ini belum ada perubahan dalam hasil survei untuk pengisi posisi cawapres. Ridwan Kamil menjadi nama yang dinilai berpeluang paling kuat menjadi cawapres.

”Ini kalau kita menggunakan simulasi delapan nama. Nama-nama yang sering disebut sebagai bakal calon wakil presiden yang cukup kuat,” imbuh Djayadi.

Selain muncul dalam hasil survei cawapres untuk pemilu 2024 mendatang, Ridwan Kamil juga menjadi salah satu tokoh yang namanya mengisi deretan calon presiden (capres).

Meski elektabilitasnya berada di bawah Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan, dalam survei itu elektabilitas Ridwan Kamil masih berada di atas lima persen. Sementara capres lainnya di bawah angka tersebut.

Misalnya Sandiaga Uno dengan 2,9 persen, Gibran Rakabuming dengan 2,7 persen, dan Mahfud MD dengan 2,3 persen. ”Ridwan Kamil 5,8. Lalu disusul Sandi Uno, Gibran, Mahfud MD, Erick Thohir, dan Agus Harimurti di kisaran dua sampai tiga  persen. Yang lainnya di bawah dua persen,” beber Djayadi.

Hasil survei itu sekaligus menegaskan bahwa Ridwan Kamil masuk dalam deretan nama yang dinilai pantas bertarung dalam pemilu capres dan cawapres tahun depan.

Dalam survei tersebut, LSI menggunakan metode random digit dialing atau RDD. Total responden yang mereka wawancarai sebanyak 1.229 orang. Seluruhnya dihubungi secara acak. Margin of error dalam survei tersebut berada pada angka kurang lebih 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. LSI memastikan wawancara para responden dilakukan oleh pewawancara yang sudah dilatih

Rekomendasi