Polisi: Pelaku Penipuan yang Ganti QRIS Kotak Amal Sudah Beraksi di Empat Lokasi

| 10 Apr 2023 21:57
Polisi: Pelaku Penipuan yang Ganti QRIS Kotak Amal Sudah Beraksi di Empat Lokasi
Pelaku pengganti kode batang "Qris" yang ditempel sebagai kotak amal Masjid Nurul Iman Blok M Square, Kamis (Antara)

ERA.id - Polisi mengungkap pelaku yang melakukan penipuan mengganti QRIS kotak amal masjid dengan yang baru ternyata sudah beraksi di empat lokasi yang berbeda.

"Untuk saat ini indikasinya sudah lebih dari satu lokasi, lebih dari satu lokasi dari lokasi ada di Kebayoran Lama dan ada di Pancoran, Pondok Indah, dan kalibata. Jadi ada beberapa lokasi," kata Kasat Reskrim Porles Metro Jakarta Selatan Kompol Irwandhy kepada wartawan, Senin (10/4/2023).

Hasil pemeriksaan sementara, pelaku diduga hanya satu orang atau tidak komplotan. Polisi saat ini masih memburu pelaku.

Irwandhy menyebut kasus penipuan ini merupakan modus baru. Sampai saat ini, baru satu orang yang melaporkan kejadian ini ke polisi.

Dia pun mengimbau agar korban lain segera melaporkan kasus ini. Terkait kerugian yang dialami pihak masjid dari kasus penipuan ini, belum dapat disimpulkan.

"Jadi nanti kita tentukan (total kerugian) setelah kita lakukan pemeriksaan, per tanggal ataupun per waktu ditempelkan kode batang yang berbeda milik dari pelaku. Kita akan menelusuri berapa keuntungan yang diperoleh pelaku," ucapnya.

Sebelumnya, viral di media sosial aksi penipuan dengan mengganti barcode QRIS kotak amal Masjid Nurul Iman Blok M Square, Jakarta Selatan (Jaksel). Dari narasi dan video yang dilihat di akun Instagram @fakta.jakarta, terlihat seorang pria berkacamata yang naik tangga menuju masjid.

Usai melihat kondisi sekitar, dia lalu menempelkan stiker QRIS miliknya ke sejumlah kotak amal yang berjejer di halaman masjid.

"QR code QRIS kotak amal masjid di Blok M diganti oleh seorang pria, modus penipuan baru. Pelaku melakukan aksinya di Masjid Nurul Iman Blok M Square Jakarta Selatan Lantai 7, kemudian berpindah ke Masjid Nurullah Kalibata City," demikian narasi yang dilihat di akun Instagram @fakta.jakarta, dilihat hari ini.

Rekomendasi