Depan Ganjar, Jokowi: Pergantian Pemimpin Tak Boleh Belokkan Keberlanjutan

| 21 Apr 2023 20:27
Depan Ganjar, Jokowi: Pergantian Pemimpin Tak Boleh Belokkan Keberlanjutan
Presiden Jokowi (Setkab)

ERA.id - Presiden Joko Widodo mengingatkan, keberlanjutkan kepemimpinan harus dilanjutkan oleh siapapun nantinya yang terpilih sebagai presiden mendatang.

Hal itu disampaikan usai Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo ditunjuk sebagai calon presiden dari PDIP pada hari ini, Jumat (21/4/2023).

"Saya ingin menegaskan, suksesi kepemimpinan nasional secara demokratis adalah keharusan sesuai perintah UUD kita. Tapi, pergantian pemimpin tidak boleh membelokkan keberlanjutkan bangsa Indonesia yang harus dilanjutkan dari waktu ke waktu," kata Jokowi di Istana Batutulis, Bogor, Jawa Barat.

Jokowi mengatakan, pemimpin mendatang harus bisa melanjutkan visi bangsa dan program yang telah dicanangkan. Di antaranya yaitu kesejahteraan rakyat dan program pembangunan yang Indonesia sentris.

"Kemandirian nasional, berdikari, dan kepemimpinan Indonesia di masyarakat global harus tercermin dalam sikap pemimpin untuk memperjuangkan kepentingan nasional," kata Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi mengingatkan agar Pilpres 2024 menjadi ajang kontestasi program. Dia meyakini masyarakat pun sudah semakin dewasa dalam menentukan pilihannya.

"Saya yakin rakyat Indonesia makin dewasa dalam menentukan pilihannya. Semoga Pilpres 2024 akan berhalan dengan damai dan demokratis," kata mantan gubernur DKI Jakarta itu.

Sementara, Ganjar memastikan akan melanjutkan terobosan-terobosan di era pemirintahan Jokowi di masa mendatang.

"Terobosan-terobosan yang diberikan Pak Jokowi mesti dilanjutkan," tegas Ganjar.

Selain itu, dia juga akan meneruskan pemikiran-pemikiran Presiden pertama RI Soekarno yang menginspirasinya. Menurutnya, banyak pemikiran Bung Karno yang belum tuntas dicapai.

"Sebagai seorang pemikir politik, bagaimana beliau berbicara dalam taraf global, dalam taraf nasional, bahkan dari taraf terkecil pun tingkat lokal bagaimana kita bersentuhan dengan rakyat secara langsung," kata Ganjar.

Dia mengatakan, banyak pemikiran Bung Karno yang belum tuntas diwujudkan. Karenanya, dia akan melanjutkan pemikiran Bung Karno jika nantinya berhasil menjadi pemimpin Indonesia selanjutnya.

"Seluruh inspirasi dari pemikiran Bung Karno inilah yang mesti kita wujudkan. Tugas belum tuntas, harus kita tuntaskan," ucapnya.

Rekomendasi