Kelompok Disabilitas Dapat Tempat Spesial di Hajatan Rakyat Ganjar-Mahfud

| 10 Feb 2024 13:15
Kelompok Disabilitas Dapat Tempat Spesial di Hajatan Rakyat Ganjar-Mahfud
Tenda khusus kelompok difabel dalam Hajatan Rakyat Ganjar-Mahfud. (ERA/Gie)

ERA.id - Pasangan calon (paslon) presiden dan wakil presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD menggelar kampanye akbar bertajuk 'Hajatan Rakyat' terakhirnya di Lapangan Pancasila Simpang Lima, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (10/2/2024).

Dari pantauan di lapangan, terdapat satu tenda khusus yang berada di sisi kanan bagi kelompok disabilitas. Mereka mengikuti hajatan rakyat dengan kursi roda.

Salah seorang penyandang disabilitas, Teguh Raharjo mengaku datang jauh-jauh dari Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, khusus untuk mendengar orasi Ganjar dan Mahfud.

"Saya dari Pekalongan, dukung Ganjar sama Mahfud MD," ucapnya sumringah.

Menurutnya, hanya Ganjar dan Mahfud calon pemimpin yang program kerjanya nyata untuk menyejahterakan kelompok difabel.

"Karena beliau lebih memprioritaskan disabilitas," kata Teguh.

Ke depannya, jika Ganjar dan Mahfud terpilih sebagai presiden dan wakil presiden, ia berharap kelompok disabilitas semakin terbuka peluangnya untuk memiliki kesempatan yang sama.

“Kalau semisal Pak Ganjar dan Pak Mahfud jadi presiden dan wakil presiden, disabilitas bisa diprioritaskan lagi. Merdeka!” seru Teguh dengan antusias.

Hingga pukul 12.53 WIB, acara di Semarang belum dimulai. Sebab, Ganjar-Mahfud masih dalam perjalanan dari Hajatan Rakyat di Kota Solo, Jawa Tengah.

Diberitakan sebelumnya, Ganjar-Mahfud menggelar kampanye akbar atau Hajatan Rakyat terakhir di Kota Solo dan Kota Semarang, Jawa Tengah pada hari ini, Sabtu (10/2/2024). Kampanye ini sengaja dilakukan sebagai penanda pergantian era Joko Widodo (Jokowi) ke Ganjar Pranowo.

“Dari Solo menuju Semarang, dari era Jokowi menuju era Ganjar Pranowo. Dari daerah yang dulu melambangkan basis Jokowi, bergerak menuju Semarang, daerah yang merupakan perlambang basis Ganjar Pranowo,” kata Deputi Kanal Media Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Karaniya Dharmasaputra.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, dilanjutkan masa tenang selama tiga hari, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Rekomendasi