Jokowi-Prabowo Bicara Empat Mata di Solo, Bahas Cawapres untuk Ganjar?

| 22 Apr 2023 15:54
Jokowi-Prabowo Bicara Empat Mata di Solo, Bahas Cawapres untuk Ganjar?
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Presiden Joko Widodo (Dok. Istimewa)

ERA.id - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bersilaturahmi ke kediaman Presiden Joko Widodo di Sumber, Banjarsari, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (22/4/2023). Kunjungan itu dalam rangka berlebaran di hari pertama Hari Raya Idulfitri 1444 H/2023.

Berdasarkan keterangan tertulis, Prabowo datang bersama putranya Didit Hediprasetyo. Keduanya tiba sekitar pukul 12:00 WIB dan langsung disambut oleh Presiden Jokowi, Ibu Negara Iriana, Wali Kota Solo yang juga putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, dan Kaesang Pangaerap. 

Selanjutnya pertemuan dilanjutkan secara tertutup. Prabowo dan Jokowi berbicara empat mata. Dari foto yang diterima ERA, terlihat Prabowo mengenakan baju putih dan Jokowi mengenakan pakaian berwarna hitam.

Keduanya berbincang santai, Jokowi juga tampak tersenyum lebar di tengah perbincangan dengan Ketua Umum Partai Gerindra itu.

Sebelumnya, Jokowi memberikan pernyataan terkait siapa saja yang berpotensi siapa saja yang mendampingi Ganjar sebagai bakal calon wakil presiden (bacawapres). Hal itu disampaikan usai Jokowi melaksanakan salat Idulfitri i Masjid Raya Sheikh Zayed.

Menurutnya, banyak tokoh yang berpotensi mendampingi Ganjar. Seperti Menteri BUMN Erick Thohir, Menparekraf Sandiaga Uno, hingga Menko Polhukam Mahfud MD.

"Kok tanya saya. Banyak-banyak, ada Pak Erick, ada Pak Sandiaga Uno, ada Pak Mahfud, ada Pak Ridwan Kamil, ada Cak Imin dan ada Pak Airlangga," katanya.

Namun nama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto tidak sebut Jokowi saat ia merinci siapa saja kandidat yang berpotensi. Saat ditanya nama Prabowo, ia menilai Prabowo juga berpotensi menjadi kandidat yang berpasangan dengan Ganjar.

"Nah termasuk Pak Prabowo. Nanti juga cawapresnya ketemu," katanya.

Terpisah, Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri sudah berkomunikasi dengan Presiden Joko Widodo terkait sosok calon wakil presiden (cawapres) potensial untuk mendampingi Ganjar Pranowo di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Menurutnya, sejumlah nama cawapres potensial yang disebutkan Jokowi sudah sejalan dengan pemikiran Megawati.

"Tadi Pak Presiden Jokowi sudah membuat pernyataan setelah menjalankan salat Ied bersama dengan Pak Ganjar Pranowo. Jadi itu semua dikomunikasikan ketika Ibu Megawati Soekarnoputri bertemu dengan bapak Presiden Jokowi," kata Hasto di kediaman Megawati di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (22/4).

Rekomendasi