Ikut Dukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024, PDIP Langsung Bahas Kerja Sama dengan PPP

| 26 Apr 2023 19:35
Ikut Dukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024, PDIP Langsung Bahas Kerja Sama dengan PPP
Hasto Kristiyanto (Dok. PDIP)

ERA.id - PDI Perjuangan menyambut baik dukungan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden (bacapres) di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Keputusan PPP ini merupakan sebuah dukungan dengan positif. PDI Perjuangan memberi apresiasi kepada PPP," kata Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto melalui keterangan tertulis, Rabu (26/4/2023).

Menyikapi keputusan PPP tersebut, Hasto mengatakan, partainya akan segera mengagendakan pertemuan antar kedua partai. Pertemuan itu rencananya untuk membicarakan kerja sama politik antara PDIP dan PPP di Pilpres 2024.

"Atas keputusan PPP ini, akan ditindaklanjuti dengan pertemuan dan dialog antarkedua partai dalam waktu dekat guna mengukuhkan kerja sama partai dalam sistem presidensial," kata Hasto.

Lebih lanjut, Hasto menyinggung sejumlah alasan yang mendasari PPP mendukung Ganjar sebagai capres. Menurutnya, prinsip amar ma'ruf nahi munkar sejalan dengan nasihat Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri kepada Ganjar.

"Prinsip amar ma'ruf nahi munkar tersebut senafas dengan nasehat Ibu Megawati ke Mas Ganjar Pranowo yaitu bijaksana dan baik, baik dan bijaksana," ucapnya.

Selain itu, dari aspek sejarah, Hasto tak menampik bahwa PDIP memiliki kedekatan historis dengan PPP. Selain merupakan partai tertindas di era Orde Baru, partai berlambang banteng dan Ka'bah itu juga pernah bersama-sama di pemerintahan. Saat itu, Megawati yang menjabat sebagai Presiden kelima RI didampingi oleh Hamzah Haz sebagai wakil presiden.

"PDI Perjuangan menyambut terbuka atas dukungan yang diberikan, setelah Partai memutuskan mengusung Mas Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 mendatang," kata Hasto.

Sebelumnya, PPP resmi menyatakan dukungan dan mengusung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden di Pilpres 2024.

Keberlanjutan kepemimpinan, eletabilias serta kedekatan historis menjadi alasan PPP mendukung Ganjar Pranowo di pilpres mendatang.

"Setelah melalui musyawarah dan diskusi yang mendalam, dan mengucapkan Bismillah, Partai Persatuan Pembangunan memutuskan babak Haji Ganjar Pranowo sebagai calon presiden RI pada Pemilihan Presiden tahun 2024," kata Plt Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono di kediamannya, Sleman, Yogyakarta.

Selanjutnya, DPP PPP akan segera melakukan komunikasi politik dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dalam waktu dekat.

Diketahui, PDIP lebih dulu mengumumkan Ganjar Pranowo sebagai capres yang akan diusung pada Pilpres 2024.

"DPP PPP juga akan segera melakkan komunikasi politik dengan Ketua Umum DPP PDIP yang Insyaallah, waktunya sedang diatur. Karena, bapak Ganjar Pranowo sebagai kader PDIP dan telah diumumkan sebagai capres pada Pilpres mendatang," papar mantan anggota dewan pertimbangan presiden itu.

Rekomendasi