Soal Peluang Sandiaga Jadi Cawapres Ganjar, PDIP: Kami Analisis Rekam Jejaknya

| 27 Apr 2023 15:33
Soal Peluang Sandiaga Jadi Cawapres Ganjar, PDIP: Kami Analisis Rekam Jejaknya
Sandiaga Uno. (Foto: Antara)

ERA.id - Nama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno masuk dalam bursa calon wakil presiden (cawapres) yang berpotensi mendampingi Ganjar Pranowo di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Menanggapi peluang Ganjar berpasangan dengan Sandiaga, Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, seluruh nama akan dianalisis dari aspek historis hingga rekam jejak.

"Kami lakukan analisis terhadap aspek-aspek historisnya, komitmennya di dalam membangun desain bagi masa depan, kompetensinya, track recordnya, kamu lakukan analisis semua dari nama-nama yang muncul," kata Hasto di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (27/4/2023).

Hasil analisis tersebut nantinya akan dijadikan masukan kepada Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri sebelum menentukan pendamping Ganjar di Pilpres 2024.

"Dan kami berikan sebagai masukan, karena itu bagian dari penugasan yang diberikan oleh ibu ketua umum," kata Hasto.

Lebih lanjut, dia mengatakan kecocokan menjadi penting bagi Presiden dan Wapres RI agar bisa membawa bangsa ke arah positif seperti yang ditunjukkan era pemimpin terdahulu.

"Presiden dan Wapres bertemu ini, kan, ada secara empiris menunjukkan hal-hal yang sangat positif dan kemudian berdasarkan konstitusi Wapres RI itu membantu Presiden RI sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan, sehingga perannya sangat penting, untuk itulah kesatupaduan pimpinan ini menjadi hal yang sangat penting," ucapnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo sempat membeberkan tujuh nama yang dinilai pontesial mendampingi Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

Tujuh nama tersebut antara lain Menteri BUMN Erick Thohir, Menparekraf Sandiaga Uno, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kami, Menko Polhukam Mahfud MD, Menko Perekonomian yang juga Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, dan Menteri Pertahanan yang juga Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Rekomendasi