Tak Diundang ke Istana Merdeka, NasDem Tegaskan Tetap Dukung Pemerintahan Jokowi-Maruf Amin

| 02 May 2023 16:45
Tak Diundang ke Istana Merdeka, NasDem Tegaskan Tetap Dukung Pemerintahan Jokowi-Maruf Amin
Presiden Jokowi dan Ketua Umum NasDem Surya Paloh saat makan bareng di Istana Negara beberapa tahun silam (Setkab)

ERA.id - Presiden Joko Widodo dikabarkan hanya mengundang enam ketua umum partai politik pendukung pemerintah ke Istana Merdeka, Jakarta malam nanti. Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dipastikan tidak hadir.

Ketua bidang Meda dan Komunikasi Publik DPP Partai NasDem Charles Meikyansah mengatakan, Surya Paloh tak bakal hadir lantaran tidak menerima undangan dari Jokowi.

"Ketum Partai NasDem Pak Surya Paloh sampai saat ini tidak mendapatkan undangan untuk acara nanti malam," kata Charles saat dikonfirmasi, Selasa (2/5/2023).

Menurutnya, jika ada undangan apalagi dari Presiden Jokowi, tentunya Partai NasDem dengan senang hati akan hadir.

Meski begitu, Partai NasDem menegaskan tetap menghormati sikap Presiden Jokowi yang tidak mengundang satu partai politik pendukung pemerintahannya.

"Kami menghormati atas ketidakdiundangan tersebut. Yang jelas sampai saat ini tidak ada undangan ke ketum Pak Surya Paloh atau sekjen dan lain-lain," ucapnya.

Charles mengatakan, partainya tak ambil pusing lantaran tak diundang. Lagipula, menurut kabar pertemuan Jokowi dengan para ketua umum partai politik itu dalam rangka silaturahmi Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriah.

Dia bilang, dalam momen lebaran ini partainya maupun Surya Paloh selalu membuka pintu maaf bagi siapapun. Sebaliknya, juga meminta maaf apabila ada kesalahan yang diperbuat.

"Ya kalau silaturahmi Lebaran kan yang penting adalah saling memaafkan. Setiap kita yang hidup ini kan pasti punya kebaikan tapi juga punya kesalahan baik disengaja maupun tidak disengaja," ucapnya.

"Tidak masalah (tak diundang)," imbuh Charles.

Kendati tak diundang dalam pertemuan malam nanti, dia menekankan bahwa Partai NasDem tetap bagian dari koalisi pemerintahan dan berkomitmen mendukung kepemimpinan Presiden Jokowi-Wapres Ma'ruf Amin hingga akhir masa jabatan.

"Kalau diundang kita sangat menghormati, tidak diundang pun kita memahami itu. Kalau dalam pemerintahan tidak ada yang berubah dari NasDem," ucapnya.

"NasDem mendukung pemerintahan Pak Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin sampai selesai masa jabatannya," tegas Charles.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo bakal mengumpulkan para ketua umum partai politik pendukung pemerintah di Istana Merdeka, Jakarta pada pukul 19:00 WIB malam nanti.

Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi mengatakan, pertemuan itu merupakan silaturahmi dalam rangka Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriah.

"Berkaita dengan rencana pertemuan silaturahmi lebaran, ketua umum partai politik hari ini di Istana Merdeka bersama Presiden Jokowi," kata Viva.

Pertemuan malam nanti juga akan membahas persiapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 agar berjalan secara luber jujur, adil, berkualitas dan berintegritas.

"Sebab pemilu adalah jalan demokrasi konstitusional yang harus memberi manfaat untuk kemajuan bangsa," kata Viva.

Sementara terkait dengan keputusan pembentukan koalisi besar untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, kata Viva, hasilnya baru diketahui usai pertemuan berlangsung.

"Tentang hal yang berkaitan dengan pemilu presiden, kita menunggu hasil Silturahmi Lebaran nanti," katanya.

Rekomendasi