PDIP Resmi Daftarkan 580 Bacaleg ke KPU RI

| 11 May 2023 13:01
PDIP Resmi Daftarkan 580 Bacaleg ke KPU RI
Bendera PDI Perjuangan (Antara)

ERA.id - PDI Perjuangan resmi mendaftarkan 580 bakal calon legislatif (bacaleg) di Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (11/5/2023).

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, dari 580 bacaleg yang didaftarkan, sebanyak 128 orang merupakan petahana.

"Dari 580 calon anggota legislatif, sebagain besar yang dicalonkan tentu saja juga berasal dari anggota legislatif inkumbent. Semuanya dicalonkan kembali, kecuali ada penugasan lain," kata Hasto.

Selain itu, jumlah bacaleg perempuan sebanyak 380 orang atau memenuhi syarat 33 persen keterwakilan perempuan untuk maju di parlemen.

Kemudian dari kalangan akademisi sebanyak 73 orang dan kalangan purnawirawan TNI-Polri sebanyak 17 orang, serta 14 orang dari kalangan budayawan.

Untuk meningkatkan kualitas bakal calon wakil rakyat, maka akan langsung dilakukan pembekalan.

"Ketua DPP partai bidang ideologi Bapak Djarot Syaiful Hidayat segera membekali seluruh calon anggota legislatif, sehingga seluruh calon dipersiapkan dengan sebaik-baiknya," kata Hasto.

Sementara, Ketua KPU RI Hasyim mengatakan pihaknya akan mengecek kembali daftar nama bacaleg untuk memastikan kelengkapan dokumen tersebut.

"Jadi pada pendaftaran bacaleg ini yang kami periksa dari dokumen daftar nama bacaleg yang juga persyaratan kategorinya lengkap atau belum," kata Hasyim dalam kesempatan itu.

Dia juga menyebut, akan menggandeng tim teknis PDIP untuk memastikan kembali daftar nama dan persyaratan masuk kategori lengkap atau perlu tanbahan.

"Jadi sekiranya setelah diperiksa bersama-sama tim teknis dari KPU dan PDIP ada hal-hal yang belum lengkap ada kesempatan untuk melengkapi sampai dengan 14 Mei," jelas Hasyim.

Rekomendasi