Pesan Megawati ke Gibran yang Sudah Ketemu Prabowo: Waspada Manuver Politik

| 22 May 2023 13:47
Pesan Megawati ke Gibran yang Sudah Ketemu Prabowo: Waspada Manuver Politik
DPP PDI Perjuangan memanggil Wali Kota Solo yang juga kader partainya, Gibran Rakabuming Raka ke Kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (22/5/2023).

ERA.id - DPP PDI Perjuangan memanggil Wali Kota Solo yang juga kader partainya, Gibran Rakabuming Raka ke Kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (22/5/2023).

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, pihaknya menyampaikan pesan dari Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri kepada Gibran, untuk berhati-hati dari berbagai manuver politik.

Adapun pemanggilan Gibran ke DPP PDIP terkait pertemuannya dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Solo pada akhir pekan lalu.

"Tadi kami jelaskan pesan-pesan dari ibu Megawati Soekarnoputri kepada Mas Gibran, bahwa berpolitik itu membangun peradaban, berpolitik itu merawat pertiwi, dan berpolitik itu juga harus waspada dari berbagai manuver-manver politik," kata Hasto.

Dia mengatakan, tujuan berpolitik adalah bergerak ke bawah. Oleh karena itu, rakyat harus diberdayaakan khususnya di tengah tahun politik jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

"Jadi berdayakan rakyat, dan bersama rakyat kita tahu bahwa 2024 memang mendorong dinamika politik sangat tinggi, sehingga semua harus waspada," kata Hasto.

Adapun terkait dengan pertemuan Gibran dan Prabowo yang belakangan justru menjadi ajang deklarasi dari relawan Jokowi-Gibran, menurut Hasto hal itu sudah dijelaskan secara komperhensif oleh Gibran.

Dia memahami, posisi Gibran sebagai kepala daerah memang kerap kali diharuskan untuk bertemu dengan tokoh-tokoh nasional. Namun, juga kerap kali pertemuan itu dibingkai untuk kepentingan tertentu.

"Prinsipnya, pertemuan antara kader partai untuk berdialog dan meluruskan berbagai hal. Sering kali apa yang diberitakan dan kenyataan itu berbeda, begitu banyak kepentingan yang bermain, begitu banyak framing yang coba dimainkan," kata Hasto.

"Penjelasan mas Gibran sangat komperhensif," imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, sedikitnya 15 kelompok relawan pendukung Jokowi dan Gibran Rakabuming hadir mendeklarasikan dukungan kepada Ketua Umum Partai Gerindra dan bakal calon presiden Prabowo Subianto sebagai presiden di pilpres 2024 mendatang.

Dukungan tersebut disampaikan oleh para relawan setelah Prabowo makan malam dan wedangan bersama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka di angkringan Omah Semar, Solo, Jumat (19/5) malam.

Prabowo mengaku kaget dengan dukungan dari para relawan karena ia datang ke Solo hanya untuk bertemu dengan Gibran.

"Terus terang aja ini saya agak tergagap. Saya kaget, saya terus terang aja maksud saya datang hanya sekadar melanjutkan ikatan silaturahmi, ikatan persahabatan saya sama Mas Gibran," katanya.

Ia tidak menduga Gibran ternyata menghadirkan relawan dalam pertemuan tersebut. Apalagi pada berbagai kesempatan, sejumlah pentolan relawan Jokowi menyatakan masih menunggu instruksi dari Presiden Jokowi.

Menteri Pertahanan itu mengatakan dukungan tersebut merupakan kehormatan yang besar untuknya. Menurutnya, dukungan tersebut berarti para relawan mempunyai harapan kepadanya. “Tidak menyangka. Sebuah kehormatan bagi saya,” kata Prabowo.

Setelah pertemuan itu, Gibran langsung mendapat telpon dari Hasto untuk meghadap ke Kantor DPP PDIP.

Rekomendasi