PAN Bakal Umumkan Capresnya Dalam Waktu Dekat, Prabowo atau Ganjar?

| 25 May 2023 10:10
PAN Bakal Umumkan Capresnya Dalam Waktu Dekat, Prabowo atau Ganjar?
Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan.

ERA.id - PAN akan mengumumkan calon presiden (capres) dalam beberapa pekan ke depan. Wakil Ketua Umum PAN, Viva Yoga Mauladi enggan menyebut siapa sosok yang akan dipilih oleh Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.

"Soal penetapan paslon yang akan diusung PAN akan diumumkan oleh Ketum PAN Zulkifli Hasan dalam beberapa pekan ke depan," kata Viva kepada wartawan, dikutip Kamis (25/5/2023).

Viva mengatakan, sesuai dengan keputusan Rakernas PAN beberapa waktu lalu, kewenangan untuk memilih capres maupun cawapres yang akan diusung di Pilpres 2024, diserahkan sepenuhnya kepada Zulkifli Hasan.

Namun capres yang dipertimbangkan oleh PAN akan dilihat bagaimana hasil survei elektabilitasnya.

"Mencermati hasil survei, masih sangat dinamis, cair, dan dipastikan akan berusaha sesuai dinamika sosial masyarakat. Survei itu mengamati sikap dan perkembangan masyarakat dalam waktu tertentu dan ruang tertentu," ujar Viva.

"Oleh karena itu ditunggu saja pengumuman resmi dari Bang Zulkifli Hasan," imbuhnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto mengatakan, sejauh ini sudah ada dua nama yang paling kuat mendapat dukungan dari kader PAN, yaitu Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto.

"(Nama) Pak Ganjar juga dalam rekomendasi. Dengan Pak Prabowo juga bang Zul sangat intens sekarang. Artinya ya bisa jadi antara Pak Ganjar atau Pak Prabowo yang diputuskan nanti," ucapnya.

Keputusan terkait siapa tokoh yang bakal didukung PAN di Pilpres 2024, kata Yandri, akan diputuskan oleh Ketum PAN Zulkifli Hasan. Namun, dia meyakini yang berpeluang terpilih hanya Ganjar atau Prabowo saja.

"Saya belum tahu apa yag musti diputuskan Bang Zul. Tapi kemungkinan menguat antara ke Pak Ganjar dan Pak Prabowo, itu kemungkinan besar terjadi," kata Yandri.

Rekomendasi