Soal Parpol Lain Gabung PDIP dan PPP, Ganjar Pranowo: Kita Tunggu Dalam Dua Hari ini

| 02 Jun 2023 06:35
Soal Parpol Lain Gabung PDIP dan PPP, Ganjar Pranowo: Kita Tunggu Dalam Dua Hari ini
Ganjar Pranowo (Dok PDIP)

ERA.id - Bakal calon presiden (bacapres) Ganjar Pranowo mengatakan, dalam dua hari ke depan bakal ada deklarasi dari partai politik lain untuk mengusungnya di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Namun, dia masih menutup rapat-rapat partai politik mana yang akan mengikuti langkah PDI Perjuangan, PPP dan Hanura ke depan.

"Soal partai yang mengusung partainya yang mana, kita tunggu dalam dua hari ini akan mendapatkan beritanya," kata Ganjar di Rumah Aspirasi Relawan Pememangan, kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (1/6/2023).

Sementara soal perkembangan siapa saja nama-nama kandidat calon wakil presiden (cawapres) yang bakal mendampingi dirinya di Pilpres 2024, Ganjar kembali menegaskan hal itu sepenuhnya kewenangan gabungan partai politik yang mengusungnya.

Dia mengatakan, tak bisa dipungkiri bahwa masing-masing partai politik yang mengusungnya pastilah memiliki calon untuk diusulkan.

"Intinya, proses ini sedang berlangsung. Kami menghormati partai-partai yang sekarang sudah mengusung," kata Ganjar.

Dia mengatakan, nantinya partai-partai politik yang mengusungnya di Pilpres 2024 akan kembali berkumpul khusus untuk mendiskusikan siapa tokoh yang paling pas dipasangkan dengannya.

"Kami memberikan ruang karena tentu tidak bisa dipungkiri partai-partai juga punya kandidat. Biarkan mereka menyampaikan, nanti akan dirembuk." ucapnya.

"Bu Mega (Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri) sudah menyampaikan, 'kumpul dulu kita bicarakan dulu, setelah itu capresnya akan kita dudukan siapa calonnya yang paling pas'," imbuh Ganjar.

Sebelumnya, DPP PDIP dalam beberapa kali kesempatan menyatakan bakal ada partai politik lain yang bakal ikut mengusung Ganjar di Pilpres 2024.

Tambahan dukungan itu bakal disampaikan setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menyelesaikan proses pendaftaran bakal calon anggota legislatif (bacaleg).

Sedangkan soal cawapres,PDIP sedang menggodok 10 kandidat. Sementara PPP rencananya akan mengusulkan dua nama.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dan Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar merupakan dua nama yang paling menguat masuk dalam bursa cawapres Ganjar.

Rekomendasi