PAN Beri Sinyal Sudah Klik Kerja Sama Politik dengan Gerindra, Bakal Berkoalisi?

| 06 Jun 2023 08:05
PAN Beri Sinyal Sudah Klik Kerja Sama Politik dengan Gerindra, Bakal Berkoalisi?
Ketum PAN Zulkifli Hasan dan Ketum Gerindra Prabowo Subianto (Antara)

ERA.id - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno mengatakan, partainnya sudah cukup berpengalaman menjalin kerja sama politik dengan Partai Gerindra. Sebab, di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014 dan 2019 keduanya sama-sama mengusung Prabowo Subianto sebagai calon presiden (capres).

Hal itu disampaikan usai menerima kunjungan dari jajaran DPP Partai Gerindra di kantor DPP PAN, Warung Buncit, Jakarta Selatan, Senin (5/6/2023).

"PAN dengan Gerindra ini memiliki rekam jejak kerja sama yang panjang. (Pilpres) 2014, 2019, PAN bersama Gerindra mengusung Pak Prabowo menjadi capres bersama cawapresnya, 2014 itu Pak Hatta Rajasa kader PAN, 2019 Pak Sandiaga Uno," kata Eddy.

Meski begitu, Eddy juga menyebutkan PAN tak hanya pernah merasakan kerja sama politik dengan Gerindra saja, tetapi juga partai politik lainnya.

Namun, dengan pengalaman kerja sama dengan Gerindra di dua kali pilpres, menurutnya akan lebih mudah teralisasi untuk dilanjutkan di Pemilu 2024.

"Kita dengan Gerindra karena sudah dua pemilu kemarin kerja sama dengan baik. Kalau bekerja saa kembali tinggal klik saja, jadi memang inilah bentuk kerja sama yang sudah panjang terjalin bersama," kata Eddy.

Meski begitu, belum ada kesepakatan antara PAN dan Gerindra untuk kembali menjalin kerja sama di Pemilu 2024.

Eddy bilang, akan ada pembicaraan lanjutan dengan Gerindra untuk memutuskan hal tersebut.

"Kita sepakat bahwa pertemuan hari ini akan kita tindaklanjuti dengan pertemuan-pertemuan berikutnya. Apakah itu pertemuan terbuka maupun tertutup, tapi kita sudah berkomitmen untuk melanjutkan pembicaraan ke tahap berikutnya," pungkas Eddy.

Rekomendasi