Ada Rencana Bertemu Megawati, PKB Belum Kepikiran Dukung Ganjar

| 16 Jun 2023 14:13
Ada Rencana Bertemu Megawati, PKB Belum Kepikiran Dukung Ganjar
Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar. (Antara)

ERA.id - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menyatakan, belum berpikir mendukung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres) di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Hingga saat ini, partainya tetap berkoalisi dengan Partai Gerindra dan mendukung pencapresan Prabowo Subinato.

Hal itu merespons peluang mengalihkan dukungan di tengah rencana pertemuan dengan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

"Oh enggak, belum ada pikiran seperti itu," kata Cak Imin di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/6/2023).

Adapun soal rencana pertemuan dengan Megawati, Cak Imin mengaku belum mengetahui kapan jadwal pastinya. Dia hanya menunggu undangan.

"Saya pada posisi nunggu saja, belum ada jadwal," katanya.

Meski belum ada jadwal pasti dan berniat berpaling menudukung Ganjar, Cak Imin menilai pertemuan dengan Megawati penting untuk dilakukan. Menurutnya, komunikasi politik jelang Pemilu 2024 diperlukan untuk menjaga tali silaturahmi.

"Ya penting lah, semua komunikasi antarketua umum di saat-saat menjelang pemilu ini wajib supaya kondusif," katanya.

"Pokoknya lintas koalisi, lintas partai, hendaknya terus komunkkasi karena pada dasarnya pemilu adalah bagian dari agenda besar yang sangat rummit kalau kita tidak bersatu," imbuh wakil ketua DPR RI itu.

Sebelumnya, Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, pihaknya intens menjalin komunikasi dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Golkar serta Gerindra. Sebelumnya, PDIP melakukan pertemuan dengan Partai Perindo.

"Ya tentu saja kami intens berkomunikasi dengan PKB dengan Golkar bahkan juga dengan Gerindra juga komunikasi juga dilakukan oleh Mbak Puan Maharani," kata Hasto kepada wartawan di Jakarta, Sabtu (10/6).

Selain itu, dirinya pun mengaku juga sudah melakukan pertemuan dengan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin dan Airlangga Hartarto. Tapi, tak disebutkan kapan waktu pertemuan itu.

Nantinya, pertemuan itu akan dilanjutkan secara tertutup bersama dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"(Pertemuan dalam waktu dekat) Kalau pertemuan ada, jadi saya minggu lalu juga bertemu dengan Pak Muhaimin Iskandar, bertemu dengan Pak Airlangga Hartarto," ujarnya.

"Dan kemudian kami juga akan atur pertemuan secara tertutup terlebih dahulu dengan ibu Megawati terlebih dahulu," sambungnya.

Rekomendasi