Status Pandemi COVID-19 Dicabut, Jokowi Berharap Kehidupan Sosial Ekonomi Masyarakat Meningkat

| 21 Jun 2023 16:13
Status Pandemi COVID-19 Dicabut, Jokowi Berharap Kehidupan Sosial Ekonomi Masyarakat Meningkat
Presiden Joko Widodo (Antara)

ERA.id - Presiden Joko Widodo berharap, roda perekonomian nasional bergerak semakin baik, seiring dengan dicabutnya status pandemi Covid-19. Selain itu, diharapkan kualitas kehidupan masyarakat meningkat.

"Tentunya dengan keputusan ini pemerintah berharap perekonomian nasional akan bergerak semakin baik dan meningkatkan kualitas kehidupan sosial ekonomi masyarakat," kata Jokowi dalam keterangan video yang diunggah di YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (21/6/2023).

Dia menjelaskan, terdapat sejumlah pertimbangan yang dilakukan pemerintah sebelum memutuskan mencabut status pandemi Covid-19 dan memulai masa endemi.

Pertama, angka konfirmasi kasus harian Covid-19 sudah mendekati nihil atau hampir tidak ada lagi kasus Covid-19. Kedua, dari hasil serosurvei yang dilakukan pemerintah, 99 persen masyarakat diklaim sudah memiliki antibodi terhadap virus Sars-CoV-2.

Di samping itu, Badan Kesehatan Dunia (WHO) juga sudah lebih dulu mencabut status pandemi Covid-19.

"Maka sejak hari ini Rabu, 21 Juni 2023 pemerintah memutuskan untuk mencabut status pandemi dan kita mulai memasuki masa endemi," kata Jokowi.

Meski begitu, Jokowi tetap mengimbau masyarakat agar tetap menjaga perilaku hidup sehat dan berhati-hati supaya tidak terkena Covid-19.

"Walaupun demikian, saya meminta masyarakat untuk tetap berhati-hati serta terus menjalankan perilaku hidup sehat dan bersih," ucapnya.

Rekomendasi