Diundang PDIP ke Haul Bung Karno, Nama Muhadjir Effendy Masuk Bursa Bacawapres dari Tokoh Muhammadiyah

| 22 Jun 2023 09:23
Diundang PDIP ke Haul Bung Karno, Nama Muhadjir Effendy Masuk Bursa Bacawapres dari Tokoh Muhammadiyah
Muhadjir (Foto: PDIP)

ERA.id - Ketua DPP PDI Perjuangan Ahmad Basarah mengatakan, Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy masuk bursa bakal calon wakil presiden (bacawapres). Muhadjir merepresentasikan tokoh dari Muhammadiyah. Hal itu menanggapi undangan DPP PDIP kepada Muhadjir di acara Haul ke-53 Bung Karno.

"Gini ya, bacawapres dari tokoh-tokoh Nahdlatul Ulama sudah ada beberapa. Saya kira wajar saja kalau prof Muhadjir ini juga bisa jadi kandidat bacawapres yang mewakili tokoh Muhammadiyah," kata Basarah di Masjid At-Taufiq, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Rabu (21/6/2023) malam.

Menurutnya, selain Nahdlatul Ulama (NU), Muhammadiyah juga merupakan organisasi Islam yang berperan membangun bangsa Indonesia.

"Kan Muhammadiyah ikut berjasa mendirikan bangsa dan negara ini," kata Basarah.

Sementara Muhadjir menambahkan, dirinya tak hanya diundang DPP PDIP ke acara Haul ke-53 Bung Karno. Tetapi juga ke acara puncak bulan Bung Karno di Gelora Bung Karno (GBK) pada Sabtu (24/6).

"Saya diundang ya kita penuhi," kata Muhadjir.

Dia juga mengaku cukup banyak terlibat selama bulan Bung Karno. Misalnya, meninjau sekolah tingkat dasar Bung Karno yaitu Sekolah Ongko Loro di Mojokerto yang rencananya bakal dijadikan museum.

Selain itu juga mencanangkan bulan Bung Karno sekaligus menghadiri bazar Blitar Jadul di Blitar, Jawa Timur.

"Itu kan sangat bagus dalam rangka untuk meralisasikan salah satu ridho dari Bung Karno, yaitu trisaktu kemandirian di bidang ekonomi itu ya UMKM basisnya," tutur Muhadjir.

Meski begitu, dia membantah keterlibatannya di Bulan Bung Karno berkaitan dengan penjajakan bacawapres pendampin Ganjar Pranowo di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Melainkan dalam kapasitasnya sebagai menko PMK.

"Saya kira enggak. Saya kan sebagai menko PMK ya mengurusi, itu domain saya sebagai menko PMK. Tidak hanya bulan Bung Karno saja, pokoknya semua yang melibatkan event-event budaya saya banyak diundang," ujar Muhadjir.

Diketahui, PDIP mengusung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden (bacapres) pada Pilpres 2024. Adapun nama-nama bacawapres masih dipertimbangkan.

Sejuah ini, sejumlah nama bacawapres pendamping Ganjar mulai banyak beredar. Dari Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar hingga Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Sementera partai pendukung Ganjar yaitu PPP dan Partai Perindo ikut mengusulkan nama bacawapres. Dari PPP menyodorkan Menteri Pariwisaa dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno.

Sedangkan Partai Perindo mengusulkan nama Tuan Guru Bajang (TGB).

Rekomendasi