Guruh Soekarnoputra Siapkan Pagelaran Tari Kecak Perempuan di Puncak Bulan Bung Karno

| 22 Jun 2023 23:33
Guruh Soekarnoputra Siapkan Pagelaran Tari Kecak Perempuan di Puncak Bulan Bung Karno
Putra bungsu Presiden pertama RI Guruh Soekarnoputra. (Gabriella/ERA)

ERA.id - Putra bungsu Presiden pertama RI Guruh Soekarnoputra menyiapkan pagelaran tarian kecak istimewa saat perayaan Puncak Bulan Bung Karno yang digelar di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta pada Sabtu (24/6).

Istimewanya, tarian kecak yang biasa dibawakan penari laki-laki, kali ini akan ditarikan oleh ribuan penari perempuan.

"Tari kecak itu di Bali, kan, biasanya ditarikan oleh pria tapi kali ini ditarikan semuanya oleh 3.000 wanita," kata Guruh saat meninjau persiapan perayaan Puncak Bulan Bung Karno di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Kamis (22/6/2023).

Menurutnya, ide tarian kecek dengan penari perempuan merupakan gagasan Bung Karno. Tarian ini juga pernah ditampilkan saat Asian Games IV tahun 1962.

Selain itu, tarian kecak tersebut merupakan permintaan khusus dari kakak kandungnya yang juga Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

"Saya hanya melanjutkan apa yang telah dirintis digagas oleh Bung Karno itu juga ini sama dengan inisiatif dari Ibu Mega," kata Guruh.

Guruh menjelaskan pertunjukan tari kecak ini bakal dilakukan kurang dari setengah jam. Judulnya adalah Soekarnoyana yang mengambil kisah tentang sosok proklamator tersebut dan terinspirasi dari kisah Ramayana.

Adapun penari perempuan itu dari Jakarta tapi mereka berasal dari berbagai suku. "Bahkan ada teman-teman dari papua dari indonesia timur semua ikut tari kecak," ujar adik Megawati tersebut.

Diberitakan sebelumnya, PDIP akan menggelar konsolidasi akbar bertema 'Kepalkan Tangan Persatuan untuk Indonesia Raya' pada Sabtu, 24 Juni mendatang. Ratusan ribu kader partai berlambang banteng itu diperkirakan akan memadati kawasan Gelora Bung Karno (GBK).

"Jadi sangat luar biasa kegiatan ini akan dihadiri seluruh peserta dari seluruh Indonesia yang diasumsikan mencapai 100 ribu orang," kata Ketua Panitia Bulan Bung Karno, Rano Karno dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 21 Juni.

Dalam kegiatan itu, nantinya ada 7.000 satuan tugas (satgas) partai yang bakal diturunkan dari seluruh Indonesia. Mereka nantinya akan melakukan yel-yel.

"Khusus di lapangan akan ada 5.000 satgas ditambah dengan marching band 500 orang kemudian tarian nusantara 200 orang, ditambah dengan paskibra 60 orang, dan diakhiri dengan tari janger sebanyak 3.000 orang perempuan," ujar Rano.

"Jadi bisa dibayangkan nanti di tengah lapangan itu akan ada berkumpul 10.000 orang. Ini bukan kegiatan yang kecil, ini kegiatan yang besar," sambungnya.

Rekomendasi