Soal Kabar Andika Perkasa jadi Ketua Timses Ganjar, Sekjen PDIP: Kita Cari Sosok yang Paham Elektoral

| 25 Jun 2023 13:00
Soal Kabar Andika Perkasa jadi Ketua Timses Ganjar, Sekjen PDIP: Kita Cari Sosok yang Paham Elektoral
Mantan Panglima TNI Jenderal (purn) Andika Perkasa bersama Ganjar Pranowo dalam acara perayaan Bulan Bung Karno (BKK).

ERA.id - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, pihaknya punya kriteria khusus untuk memilih ketua tim sukses atau pemenangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) yang diusung partainya di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Menurutnya, ketua timses harus sosok anak muda yang paham soal elektoral.

Hal ini menanggapi peluang mantan Panglima TNI Jenderal (purn) Andika Perkasa sebagai ketua timses.

"Terkait dengan tim pemenangan tentu saja akan dicari sosok pemimpin yang bisa menyatukan, pemimpin yang juga memahami aspek elektoral. Terutama juga menjadis imbol keberhasilan anak-anak muda Indonesia," kata Hasto di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu (24/6/2023).

Dia mengaku sudah berkomunikasi dengan Andika secara intensif. Namun, pembahasan soal timses baru dibicarakan setelah bakal calon wakil presiden (cawapres) sudah ditetapkan.

"Sehingga kami sudah berkomunikasi intens, nanti begitu cawapres ditetapkan akan ada ketua tim pemenangan," kata Hasto.

Terkait soal cawapres dan ketua timses, PDIP perlu berdialog terlebih dahulu dengan partai politik yang mengusung Ganjar Pranowo yaitu PPP, Hanura, dan Perindo.

"Tentu saja bersama mas Prananda, mbak Puan Maharani, dan tiga pimpinan partai saat ini. Pak Mardiono dari PPP, kemudiam Pak Oso dari Hanura, dan teman-teman yang sangat penting dalam kekautan udara yaitu Perindo Hary Tanoe," ucapnya.

Hal itu merespons soal kabar dirinya merapat ke PDI Perjuangan dan bakal diminta sebagai ketua timses.

"Ya siap kalau ditugaskan," kata Andika ditemui usai acara pucak Bulan Bung Karno (BKK) di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu (24/6/2023).

Namun, dia mengaku belum ada tawaran apapun yang memintanya sebagai ketua timses. Andika mengatakan, posisinya hanya menunggu saja.

"Iya, tapi kan belum ada keputusan, tunggu aja. Kita menunggu," ucapnya.

Adapun, Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani mengatakan, mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa berpeluang dipilih sebagai ketua tim sukses bakal calon presiden (bacapres) dari PDIP Ganjar Pranowo.

Dia mengaku, nama Andika masuk dalam daftar calon ketua tim sukses Ganjar. Diketahui, Puan mendapat tugas dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri untuk menyiapkan tim pemenangan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Ya saya yang ditugaskan untuk kemudian nantinya itu membentuk tim. (Nama Andika Perkasa) masuk dalam list saya," kata Puan ditemui saat meninjau persiapan perayaan Puncak Bulan Bung Karno di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Kamis (22/6).

Rekomendasi