Polri Akan Rekayasa Lalu Lintas Apabila Terjadi Peningkatan Kendaraan Saat Libur Panjang Idul Adha

| 28 Jun 2023 10:00
Polri Akan Rekayasa Lalu Lintas Apabila Terjadi Peningkatan Kendaraan Saat Libur Panjang Idul Adha
Ilustrasi rekayasa lalu lintas. (Antara)

ERA.id - Polri akan menyiapkan rekayasa lalu lintas bila arus lalu lintas pada libur hari raya Idul Adha 2023 mengalami peningkatan.

Dirgakkum Korlantas Polri, Brigjen Aan Suhanan menerangkan long weekend Idul Adha 2023 diprediksi akan adanya peningkatan arus, baik mengarah ke Barat (Sumatera), ke Timur (Jawa), dan ke Selatan (Bogor atau Bandung). 

"Dengan prediksi tersebut Polri, Kementerian Perhubungan, dan stakeholder sudah menyiapkan beberapa alternatif untuk rekayasa lalu lintas di Jakarta-Cikampek sendiri. Apabila nanti arus lalu lintas PCR rasio sudah mendekati 0,8 akan dilakukan rekayasa lalu lintas contra flow satu lajur, dua lajur," kata Aan Suhanan kepada wartawan, Rabu (28/6/2023). 

Berdasarkan pantauan CCTV di NTMC Polri dan Jasa Marga, terjadi peningkatan arus lalu lintas yang akan memasuki antrian di jalan tol Sheikh Mohamed Bin Zayed (MBZ) sejak pukul 06.00 WIB. Namun, masih dalam kategori ramai lancar sehingga belum diberlakukan rekayasa lalu lintas.

Untuk mengatasi kemacetan, pemerintah juga melakukan pembatasan angkutan barang sumbu tiga ke atas sejak Selasa (27/6) kemarin, dengan waktu yang sudah di tentukan. 

"Pembatasan terutama angkutan barang sumbu 3 ke atas pada tanggal 27 kemarin mulai jam 04.00-00.00 WIB. Kemudian hari ini mulai pukul 00.00 WIB itu kita batasi untuk sumbu 3 ke atas, kemudian pada saat kembali nanti pada tanggal 2 Juni 2023 hari Minggu juga akan melakukan pembatasan sumbu 3 ke atas di ruas jalan tertentu untuk kelancaran arus lalu lintas," ucapnya.

Dalam mencegah kepadatan yang mengarah ke tempat wisata, polisi akan melakukan rekayasa lalu lintas berupa contraflow atau one way bila arus lalu lintas di sekitar lokasi mengalami kepadatan.

Rekomendasi