Gubernur Maluku Serahkan Hewan Kurban Jokowi di Masjid Raya Maluku, Satu Sapi Limosin 900 Kg

| 28 Jun 2023 14:45
Gubernur Maluku Serahkan Hewan Kurban Jokowi di Masjid Raya Maluku, Satu Sapi Limosin 900 Kg
Seekor sapi bantuan Presiden RI Joko Widodo di halaman Masjid Raya Al Fatah Maluku (Antara/DedyAzis)

ERA.id - Gubernur Maluku Murad Ismail menyerahkan hewan kurban bantuan Presiden RI Joko Widodo kepada pengurus Mesjid Raya Al Fatah Maluku untuk dipotong pada Hari Raya Idul Adha 1444 hijriah/2023 Masehi.

"Presiden RI Joko Widodo menyumbang satu ekor sapi jenis limosin untuk masyarakat Maluku pada Idul Adha tahun ini," ujar Gubernur Maluku Murad Ismail di Ambon dikutip dari Antara, Rabu (20/6/2023).

Sapi limosin yang disumbangkan Presiden Jokowi tersebut memiliki berat 900 kilogram yang dibeli dari peternakan di Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB).

Gubernur melanjutkan sapi sumbangan Presiden Joko Widodo tersebut telah melewati proses pemeriksaan kesehatan serta kelayakan sesuai syariat Islam untuk dikurbankan.

"Pada 2022, Pak Jokowi menyumbang seekor sapi dengan berat 850 kilogram, artinya tahun ini sapi yang disumbangkan lebih besar dari sebelumnya," ucapnya.

Gubernur Murad menjelaskan, hakikat penyembelihan hewan kurban saat Hari Raya Idul Adha, adalah untuk mengenang peristiwa iman yang terjadi pada Nabi Ibrahim AS dan putranya Nabi Ismail AS, dengan penuh keikhlasan mampu mengorbankan sesuatu yang sangat dicintai untuk memenuhi perintah Allah SWT.

“Ibadah kurban tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan konsumsi saja tetapi lebih dari itu mengandung hikmah dan makna yang besar dalam kehidupan sebagai makhluk sosial," kata dia menjelaskan.

Gubernur berharap melalui momentum berkurban ini mampu menjadi salah satu upaya untuk menghilangkan jurang pemisah antara yang mampu dan yang tidak mampu agar bisa hidup berdampingan saling tolong menolong dengan penuh kedamaian.

Hadir juga pada kesempatan itu Forkopimda Provinsi Maluku, Imam Masjid Raya Al-Fatah Penjabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena, Sekretaris Daerah Maluku Sadali Ie, Asisten I Setda Maluku, Mustafa Sangadji serta Pimpinan OPD Lingkup Pemerintah Provinsi Maluku, beserta unsur terkait lainnya.

Rekomendasi