5 Jenis Sapi Kurban Termahal Pilihan Presiden dan para Artis Tajir

| 21 Jun 2023 07:05
5 Jenis Sapi Kurban Termahal Pilihan Presiden dan para Artis Tajir
Sapi kurban termahal (IG/Irfan Hakim)

ERA.id - Perayaan Idul Adha tinggal menghitung hari lagi, yang jatuh pada hari Kamis 29 Juni 2023. Menjelang hari raya Idul Adha, biasanya presiden dan banyak artis dermawan akan menyumbang sapi mahal untuk dijadikan hewan kurban. Apa saja jenis sapi kurban termahal?

Semakin dekatnya hari raya Idul Adha biasanya ditandai dengan banyak bermunculan pedagang hewan kurban di pinggir jalan. Para panitia penyelenggaraan kurban akan sibuk berburu sapi dan kambing untuk disembelih. Sejumlah pejabat negara dan publik figur pun tak ketinggalan turut membeli hewan kurban untuk disumbangkan dalam perayaan Idul Adha. 

Sapi kurban termahal (IG/Irfan Hakim)

Pejabat negara dan para artis tajir biasanya akan membeli hewan kurban yang harganya mahal. Sapi yang dipilih adalah yang berukuran besar dan bobotnya cukup berat. Apa saja jenis sapi kurban termahal yang harganya fantastis?

Jenis Sapi Kurban Termahal

Harga sapi kurban bergantung dari kualitas daging dan bobotnya. Sapi kurban berukuran paling kecil memiliki bobot sebesar 200 kilogram, sementara sapi terbesar bisa mencapai lebih dari satu ton. 

Sapi-sapi berkualitas mahal biasanya dijual dengan harga mencapai ratusan juta rupiah. Berikut ini jenis-jenis sapi kurban termahal.

Sapi Simmental

Sapi simmental adalah salah satu jenis sapi termahal di dunia. Sapi ini diternak atau dikembangkan di lembah Simme, Swiss. Sapi Simmental termasuk tipe sapi dwiguna karena bisa dijadikan sapi potong dan perah. 

Sapi Simmental memiliki pertumbuhan otot yang baik dan kadar lemak di bawah kulitnya cukup rendah. Itulah mengapa sapi simmental menjadi salah satu sapi ideal sebagai hewan kurban. 

Sapi Simmental dewasa rata-rata memiliki bobot mencapai 800 kilogram. Bahkan ada juga sapi simmental yang berbobot lebih dari 1 ton. Sapi dengan tinggi mencapai 1,5 meter ini umumnya dibanderol dengan harga tembus Rp100 juta. 

Sapi Brahman

Jenis sapi mahal lainnya yang cocok untuk dijadikan hewan kurban adalah sapi Brahman. Sapi ini berasal dari India dan banyak dikembangkan di Amerika Serikat. Sapi Brahman memiliki ciri khas adanya punuk besar di punggungnya. 

Sapi Brahman memiliki bobot 300 kg hingga 350 kg, yang dijual dengan harga Rp25 juta. Untuk sapi Brahman dengan bobot 580 kg dibanderol dengan harga mencapai Rp37 juta. Ada juga sapi Brahman yang beratnya hingga 1,1 ton. 

Sapi Limosin

Sapi Limosin juga sering menjadi pilihan sapi mahal untuk hewan kurban. Sapi dengan perawakan berotot ini berasal dari daerah Limousin dan Marche, Perancis. Sapi Limosin sering dipilih oleh Presiden untuk disumbangkan saat hari raya Idul Adha. 

Sapi Limosin merupakan salah satu sapi premium karena berbadan besar, bulunya halus, dan tulangnya kuat. Sapi limosin betina dewasa rata-rata memiliki bobot sekitar 650 kg, sementara pejantannya mencapai 1 ton. Harga sapi ini di Indonesia cukup beragam. Sapi limosin dengan bobot 1 ton  biasanya dijual dengan harga tembus Rp100 juta. 

Sapi Madura

Sapi Madura juga termasuk jenis sapi mahal untuk hewan kurban. Sapi lokal ini sering dipilih untuk kurban karena memiliki daging yang tebal dan rendah lemak. Selain itu, tulangnya yang kecil juga memudahkan saat penyembelihan hingga pemotongan. 

Sapi Madura rata-rata berbobot 500 kilogram. Harga jual sapi Madura umumnya dibanderol Rp22 juta per ekor. Kelebihan dari sapi ini adalah bisa hidup di iklim panas dan kondisi pakan terbatas. 

Sapi Ongole

Jenis sapi mahal lainnya yang kerap jadi favorit pilihan hewan kurban adalah sapi Ongole. Sapi ini berasal dari India dan masih termasuk jenis sapi zebu atau sapi berpunuk. Ciri khas sapi ini adalah berwarna putih dan terdapat gelambir di sekitar leher. 

Ukuran tubuh sapi Ongole jauh lebih besar dibanding sapi Madura. Sapi Ongole rata-rata memiliki bobot mencapai 850 kilogram dan tingginya 1,6 m. Sapi jenis ini biasanya dijual dengan harga Rp17 juta hingga Rp60 juta. 

Demikianlah ulasan jenis-jenis sapi kurban termahal yang dijual dengan harga selangit. Beberapa jenis sapi di atas kerap dipilih para pejabat negara dan artis untuk disumbangkan saat hari raya Idul Adha. 

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi