Sekjen PDIP Akui Ridwan Kamil Masuk Radar Bakal Cawapres Ganjar

| 28 Jun 2023 18:14
Sekjen PDIP Akui Ridwan Kamil Masuk Radar Bakal Cawapres Ganjar
Ridwan Kamil dan Hasto Kristiyanto (Dok PDIP)

ERA.id - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, nama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau Emil masuk bursa bakal calon wakil presiden (bacawapres) pendamping Ganjar Pranowo di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Hal itu merespons pertanyaan atas pantunnya yang sempat menyebut bacawapres Ganjar ada di sini saat acara peletakan baru pertama (groundbreaking) pembangunan Monumen Plaza Dr.(HC) Ir.Soekarno yang terletak di kawasan GOR Saparua, Kota Bandung, pada Rabu (28/6/2023).

Hasto mengatakan, nama-nama bacawapres Ganjar tak jauh berbeda dengan yang sudah disebutkan Presiden Joko Widodo pasca penetapan Ganjar sebagai bacapres.

"Jadi apa yang disebut presiden Jokowi, ada pak Ridwan Kamil, kemudian pak Erick Thohir, Sandiaga Uno, Mahfud MD, pak Basuki Hadimuljono, dan sebagainya sehingga apa yang saya sampaikan tadi betul," kata Hasto dikutip dari keterangan tertulis, Rabu (28/6/2023).

Di samping itu, Hasto memuji Ridwan Kamil yang menginisiasi pembangunan 11 monumen Bung Karno, yang semuanya dibangun dengan sangat baik, tidak hanya di Indonesia, bahkan di Aljazair.

Meski begitu, terkait siapa bacawapres pendamping Ganjar, nama-nama yang ada masih dikaji. Nantinya akan diputuskan oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri setelah berdialog dengan pimpinan partai politik lainnya.

"Tentu kami memberikan apresiasi terhadap hal tersebut, meskipun terkait dengan siapa yang nanti akan ditetapkan sebagai cawapres mendampingi pak Ganjar Pranowo, ibu Mega bersama dengan ketua umum partai pada momentum yang tepat tentu saja berkonsultasi dengan presiden Jokowi akan diumumkan," tegas Hasto.

Sebelumnya, Hasto meyinggung soal bakal calon wakil presiden (bacawapres) pendamping Ganjar Pranowo di hadapan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Hal itu disampaikan melalui sebuah pantun saat menghadiri acara peletakan baru pertama (groundbreaking) pembangunan Monumen Plaza Dr.(HC) Ir.Soekarno yang terletak di kawasan GOR Saparua, Kota Bandung.

Dalam pantunnya, Hasto memuji sosok Ridwan Kamil atau Emil sebagai tokoh yang memiliki banyak prestasi. Dia lantas menyebut bahwa bacawapres Ganjar ternyata ada dihadapannya.

"Kang Emil memang kaya prestasi Memajukan Jabar penuh daya seni Pemilu akan digelar beberapa bulan lagi

Bacawapres Pak Ganjar ternyata ada di sini," kata Hasto.

Pantun itu langsung disambut meriah. Menanggapi itu, Emil pun mengaku tersanjung sekaligus kaget.

"Terima kasih kepada Pak Hasto Kristiyanto yang dengan pantun-pantun kreatifnya, sangat menyenangkan sekaligus dan mengagetkan," kata Emil.

Rekomendasi