Ogah Bicara soal Kasus Dokumen Bocor KPK, Kapolda Metro: Saya Bukan Penyidik

| 13 Jul 2023 12:44
Ogah Bicara soal Kasus Dokumen Bocor KPK, Kapolda Metro: Saya Bukan Penyidik
Irjen Karyoto sewaktu menjabat Deputi Penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). (Antara)

ERA.id - Kapolda Metro Jaya, Irjen Karyoto belum mau menyampaikan hasil pendalaman terkait kasus dugaan kebocoran data KPK terkait dokumen penyelidikan di Kementerian ESDM.

Jenderal bintang dua Polri ini mengaku akan bertanya ke penyidik terlebih dahulu mengenai perkembangan kasus ini.

"Nanti ya, nanti. Saya bukan penyidik, nanti saya tanya ke penyidik," kata Karyoto di kawasan Muara Angke, Penjaringan, Jakarta Utara, Kamis (13/7/2023).

Sebelumnya, Irjen Karyoto membenarkan kasus dugaan kebocoran data KPK terkait dokumen penyelidikan di Kementerian ESDM sudah naik ke tahap penyidikan.

Karyoto menjelaskan Polda Metro Jaya menerima sekira 10 laporan polisi (LP) terkait kasus dugaan kebocoran data KPK perihal korupsi di Kementerian ESDM. Hasil pemeriksaan awal dan klarifikasi ke sejumlah pihak, penyidik menemukan dugaan tindak pidana di kasus ini.

"Kami memang sudah menemukan adanya peristiwa pidana. Buktinya apa? Bahwa ada informasi yang kita dapatkan yang ternyata informasi itu masih dalam proses penyelidikan di KPK, ada di pihak-pihak yang sedang menjadi target-target daripada penyelidikan itu. Artinya, barang yang tadinya rahasia menjadi tidak rahasia ketika sudah dipegang oleh pihak-pihak yang menjadi objek penyelidikan," kata Karyoto di Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (20/6).

Jenderal bintang dua Polri ini belum mau membeberkan apakah pimpinan KPK akan dimintai keterangan atau tidak. Dia hanya menyebut pemeriksaan masih terus dilakukan.

Rekomendasi