Sinyal Arah Dukungan Jokowi ke Prabowo, PDIP: Harapannya Hubungan Kami Baik-baik Saja

| 04 Aug 2023 14:00
Sinyal Arah Dukungan Jokowi ke Prabowo, PDIP: Harapannya Hubungan Kami Baik-baik Saja
Ketua PDIP, Puan Maharani. (Antara)

ERA.id - Presiden Joko Widodo disebut-sebut memberi sinyal dukungan kepada Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai bakal calon presiden (bacapres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Merespons hal tersebut, Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani awalnya enggan menanggapi.

"Tanya ke Pak Jokowi bukan tanya ke saya," kata Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (4/8/2023).

Meski begitu, Puan menyinggung bahwa Jokowi merupakan tokoh yang diusung sebagai calon presiden (capres) dalam dua kali pemilihan umum (pemilu).

"Yang bisa saya pahami atau saya artikan, Pak Jokowi itu adalah presiden yang dua kali diusung dan didukung oleh PDI Perjuangan," katanya.

Oleh karena itu, dia berharap hubungan antara PDIP dan Jokowi tetap berjalan baik. Apalagi, mantan wali kota Solo itu masih tercatat sebagai kader partai berlambang banteng.

"Jadi kami berharap, hubungan antara presiden atau Pak Jokowi dan PDI Perjuangan itu akan selalu bisa berjalan dengan baik," ujar Ketua DPR RI itu.

Sebagai informasi, ramai beredar isu Presiden Jokowi telah menetapkan arah dukungannya kepada salah saru bacapres tertentu. Belakangan, disebut arah dukungan Presiden Jokowi ke Prabowo Subianto.

Sinyal itu dinilai semakin kuat setelah Prabowo beserta jajaran DPP Partai Gerindra mengunjungi Kantor DPP PSI di Tanah Abang, Jakarta pada Rabu (2/8).

Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie mengaku, salah satu topik yang dibicarakan mengenai Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, termasuk pemilihan presiden (pilpres).

Dia kembali menegaskan bahwa PSI tetap tegak lurus dengan Presiden Joko Widodo. Oleh karena itu, arah dukungan politik PSI pun ditentukan dari sikap Presiden Jokowi.

"Kami ingin melihat keberlanjutan dari program-program Pak Jokowi, dan oleh karenanya, kalau teman-teman tanya apakah sudah mengerucut ke mana? PSI siap bergerak sesuai dengan arahan Pak Jokowi," kata Grace.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan bahwa semakin mendekati Pemilu 2024, Presiden Jokowi sudah memperlihatkan tanda-tanda arah dukungan terhadap salah satu calon presiden.

"Tapi kayanya akhir-akhir ini sudah makin kelihatan tondo-tondonya. Kira-kira begitu," kata Grace.

Saat disinggung lebih lanjut siapa yang bakal didukung Presiden Jokowi di Pilpres 2024, Grace bungkam.

"Disimak saja teman-teman. Yang pasti hari ini perbincangannya hangat," pungkasnya.

Tags :
Rekomendasi