Isu Indonesia Gabung BRICS, Jokowi: Nanti Diputuskan

| 07 Aug 2023 16:25
Isu Indonesia Gabung BRICS, Jokowi: Nanti Diputuskan
Presiden Jokowi. (Antara)

ERA.id - Presiden Joko Widodo belum memutuskan apakah Indonesia akan bergabung dengan organisasi BRICS atau tidak. Hal ini menanggapi rumor Indonesia berminat menjadi bagian dari organisasi tersebut.

"Nanti diputuskan," kata Jokowi usai meresmikan Indonesia Arena di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Senin (7/8/2023).

Sebagai informasi, sejumlah negara menggagas gerakan meninggalkan dolar Amerika Serikat sebagai mata uang untuk transaksi internasional. Gerakan ini bernama de-dollarization atau ‘de-dolarisasi’.

Sejumlah negara yang mulai melakukan gerakan itu antara lain Brazil, Rusia, China, India, dan Afrika Selatan atau dikenal dengan BRICS.

Gerakan meninggalkan dolar AS juga dibahas dalam Pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral ASEAN (AFMGM) pada 28—31 Maret 2023. Dengan kata lain, Indonesia terlibat di dalamnya.

Dilansir FMT, masing-masing perwakilan negara ASEAN tersebut berdiskusi tentang cara mengurangi ketergantungan terhadap dolar AS, euro, yen, dan poundsterling dalam transaksi keuangan dan beralih ke mata uang lokal.

Rekomendasi