Berhasil Trasnsformasi BMUN, Akademisi Sebut Erick Thohir Kandidat Terkuat Cawapres 2024

| 09 Aug 2023 11:30
Berhasil Trasnsformasi BMUN, Akademisi Sebut Erick Thohir Kandidat Terkuat Cawapres 2024
Menteri BUMN, Erick Thohir. (Antara)

ERA.id - Sosok Erick Thohir disebut merupakan sosok yang paling layak maju menjadi Calon Wakil Presiden (Cawapres) pada Pemilihan Umum (Pemilu 2024) mendatang. Salah satu sebabnya karena Erick Thohir memiliki segudang prestasi yang menunjukkan kepiawaiannya memimpin institusi.

Guru Besar FISIP Universitas Airlangga, Prof Dr Hotman Siahaan mengatakan prestasi Erick Thohir mentransformasikan BUMN membuat Masyarakat Ekonomi Syariah itu disukai masyarakat luas. Dia menilai hal itu merupakan modal yang penting bagi Erick Thohir untuk maju menjadi Cawapres.

“Prestasinya Erick Thohir cukup gencar, baik prestasi di BUMN dan semua usaha kerjanya yang kelihatan,” kata Prof Hotman dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (9/8/2023).

Dalam beberapa survei terakhir memperlihatkan elektabilitas Erick Thohir tertinggi sebagai Cawapres. Seperti survei dari Lembaga Survey & Poling Indonesia (SPIN) periode Juli 2023 terlihat elektabilitas Erick Thohir berada di posisi pertama.

Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah ini berhasil mendapatkan torehan angka sebesar 21,3 persen. Raihan Erick Thohir tersebut mengalahkam cawapres lainnya seperti Khofifah, Mahfud MD, dan Muhammad Iskandar.

Selain itu, Erick Thohir dinilai berhasil mengangkat derajat sepak bola Indonesia di mata dunia. Salah satu buktinya yakni berhasil membawa medali emas Sea Games 2023 untuk pertama kali dalam 32 tahun.

Erick Thohir juga memiliki kemampuan diplomasi yang luar biasa, terlihat sukses melobi FIFA agar tidak memberikan hukuman kepada Indonesia. Selain itu, Erick Thohir juga mampu membuat Indonesia terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17.

“Beliau sebagai ketua PSSI kan begitu gencar, dan upaya-upaya yang dilakukan terobosan-terobosan dilakukannya secara Internasional cukup meyakinkan,” ungkapnya.

Rekomendasi