Miliki Latar Belakang Nahdliyin Membuat Elektabilitas Erick Thohir Sebagai Cawapres Konsisten Naik

| 14 Aug 2023 13:29
Miliki Latar Belakang Nahdliyin Membuat Elektabilitas Erick Thohir Sebagai Cawapres Konsisten Naik
Menteri BUMN, Erick Tohir (Antara)

ERA.id - Memiliki latar belakang sebagai kader terbaik Nahdlatul Ulama (NU) membuat nama Erick THohir semakin dapat dorongan kuat untuk maju sebagai calon wakil presiden (cawapres) untuk Pilpres 2024. Erick Thohir figur cawapres dengan tingkat elektabilitas terkuat.

“Erick Thohir ini datang dari kalangan nahdliyin (sebutan bagi warga NU) bahkan sebagai anggota kehormatan Banser,” ujar Peneliti Senior Lembaga Survei Political Statistics (Polstat), Apna Permana dalam keterangannya di Jakarta, Senin (14/8/2023).

Dia menyebut faktor tersebut mampu membuat nama Erick Thohir semakin melambung tinggi. Sehingga semakin menjadi figur cawapres yang banyak dilirik semua kalangan tidak terkecuali partai politik (parpol) pengusung capres-cawapres pada Pilpres mendatang.

Tercatat tren elektabilitas Erick Thohir tersebut konsisten menguat sejak beberapa bulan ke belakangan. Survei Indikator Politik Indonesia (IPI) periode 20-24 Juni 2023 sebelumnya mencatat, elektabilitas Ketua Umum PSSI ini konsisten naik.

Survei tersebut hadir mulai dari Maret 11,3 persen sampai dengan April dengan 17,3 persen. Hingga akhirnya pada Juni lalu Erick Thohir mampu meraih elektabilitas terkuat dengan berada di posisi teratas dengan angka hingga 22,9 persen.

Sementara pada sisi lainnya, besarnya dukungan masyarakat terhadap sosok Erick Thohir juga tidak terlepas dari banyak hasil kerja nyata Sehingga semakin menguatkan terhadap keterusungannya sebagai calon wakil presiden (cawapres) untuk Pilpres 2024.

Menurut dua Erick Thohir banyak dipilih lantaran mampu menunjukkan kinerja-kinerja yang gemilang. Bahkan mampu menghadirkan kemajuan dengan banyak terobosan besar membanggakan.

“Erick Thohir belakangan ini dinilai publik sebagai menteri yang berkinerja baik,” kata Apna.

Selain menghadirkan transformasi besar, lanjut dia, Erick Thohir juga sukses membongkar korupsi BUMN. Seperti di Jiwasraya, Asabri, Garuda Indonesia, Waskita Beton Precast dan Pelindo. Selain dari pada itu, Erick Thohir sukses meningkatkan geliat pertumbuhan ekonomi masyarakat kecil melalui KUR, Mekaar serta Makmur.

Rekomendasi