Hashim Djojohadikusumo Sebut Empat Parpol Bakal Dukung Prabowo, Termasuk Golkar dan PAN

| 11 Aug 2023 11:22
Hashim Djojohadikusumo Sebut Empat Parpol Bakal Dukung Prabowo, Termasuk Golkar dan PAN
Hashim Djojohadikusumo (Dok. Antara)

ERA.id - Wakil Ketua Dewan Pembina DPP Partai Demokrat Hashim Djojohadikusumo menyebut, sejumlah partai politik baik yang ada di parlemen maupun di luar parlemen bakal ikut mendukung Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Dia mengklaim, ada dua partai politik parlemen yang dipastikan bakal merapat ke Prabowo, yaitu Partai Golkar dan PAN.

"Saat ini yang sudah cenderung sangat cenderung dukung Prabowo adalah PAN. Dan, yang saya tahu karena saya juga hadir, dari Golkar," kata Hashim secara daring, dikutip Jumat (11/8/2023).

Dia mengungkapkan, Prabowo sempat menerima kunjungan dari Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto pada pekan lalu. Saat itu, Airlangga ditemani Sekretaris Jenderal Lodewijk Freidrich Paulus, dan Bendahara Umum Dito Ganinduto.

Menurutnya yang juga ikut dalam pertemuan tersebut, Airlangga dan elite Golkar menunjukkan senyum sumringah usai berbincang dengan Prabowo.

"Semua senyum-senyum. Pak Prabowo, Pak Muzani senyum-senyum. Pak Airlangga, Pak Lodewijk dan Pak Dito juga senyum. Ternyata, mereka menyatakan mau dukung Pak Prabowo," kata Hashim.

Menurutnya, dukungan dari Golkar dan PAN kepada Prabowo juga sudah mendapat restu dari Presiden Joko Widodo.

"Mereka menyatakan mau mendukung Pak Prabowo, dan seizin dan restu dari Pak Jokowi," ucap Hashim.

Sementara dua partai politik non parlemen yang dipastikan bakal mendukung Prabowo yaitu Partai Gelora. Sementara PSI dan Partai Buruh juga kabarnya akan merapat bersama Gerindra.

"Ada Partai Gelora, belum deklarasi tapi sudah nyatakan secara tertutup dukung Prabowo. Dua partai di luar, saya dengar partai buruh juga, tapi itu belum konfirmasi. Dan PSI, tapi PSI juga belum konfirmasi," kata Hashim.

Sebagai informasi, Partai Gerindra tengah menjalin kerja sama politik dengan PKB dan membentuk Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR).

Belakangan, Partai Bulan Bintang (PBB) merapat ke KKIR dan menyatakan dukungan kepada Prabowo sebagai capres 2024.

Rekomendasi