Jalin Komunikasi dengan PDIP dan PKB, Partai Demokrat Ngaku Masing-masing Partai Saling Intip

| 11 Aug 2023 14:26
Jalin Komunikasi dengan PDIP dan PKB, Partai Demokrat Ngaku Masing-masing Partai Saling Intip
Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono. (Antara)

ERA.id - Partai Demokrat menyebut tak hanya menjalin komunikasi dengan PDI Perjuangan, tetapi juga dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Hal ini merupakan bagian dari dinamika politik jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengaku, komunikasi partainya dengan partai-partai lain dimanfaatkan untuk saling mengintip pergerakan politik satu sama lain.

"Semua juga masih dalam dinamikanya, masing-masing saling intip, boleh saling intip, gimana di sana, kalua di sini gimana. Ya itulah komunikasi, bagian dari kita membuka peta politik," kata AHY di Kantor DPP Partai Demokrat, Jalan Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (11/8/2023).

Dia lantas mencontohkan, bagaimana dia membangun komunikasi dengan Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskadar. Kedua elite partai politik itu kebetulan menghadiri acara peluncuran bukunya bertajuk 'Tetralogi Transformasi AHY' di Djakarta Theater pada Kamis (10/8) malam.

"Tadi malam, selain Mbak Puan, juga ada Gus Muhaimia. Misalnya, dari PKB saya juga berdiskusi bagaimana di sana, bagaimana di situ, menarik," ucap AHY.

Dia mengaku, pembicaraan dengan Muhaimin menarik dan bikin penasaran, lantaran Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) yang dibentuk PKB dengan Partai Gerindra juga belum mendeklarasikan pasangan bakal calon presiden dan bakal calon wakil presiden untuk diusung pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Begitu juga pembicaraannya dengan Puan. Menurutnya, peta politik saat ini memang masih membuat penasaran karena belum ada pasangan calon yang sudah dideklarasikan. Menurutnya, kepastian baru dapat dipastikan setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI membuka pendaftaran.

"Bikin penasaran betul karena memang belum ada yang pasti, yang pasti nanti kalau sudah didaftarkan di KPU dan kemudian kita sama-sama masuk menjadi kontestan pilpres dan pemilu," kata AHY.

Diketahui, Puan Maharani dan Muhaimin Iskandar beserta sejumlah elite politik lain meghadiri acara peluncuran buku 'Tetralogi Transformasi AHY' yang juga bertepatan dengan ulang tahun AHY ke-45.

Puan dan Muhimin nampak duduk satu meja bersama AHY. Ketiganya mengobrol santai.

Puan Maharani mengatakan, pertemuannya dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono kali ini tak membicarakan isu politik, termasuk soal koalisi Pemilu 2024.

"Ya enggak ada lah (obrolan politik), (AHY) lagi ulang tahun. Bagaimana kemudian kita bersama-sama ikut merayakan hari ulang tahun Mas AHY dengan sama-sama bergembira," kata Puan.

Rekomendasi