Prabowo Dapat "Kawan Baru", Sandiaga Uno: Sudah Saatnya Berkonsolidasi

| 14 Aug 2023 10:33
Prabowo Dapat
Sandiaga Uno (Antara)

ERA.id - Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Sandiaga Uno mengucapkan selamat dengan bertambahnya partai politik anggota Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR). Diketahui, Partai Golkar dan PAN bergabung dengan Partai Gerindra dan PKB untuk mendukung pencapresan Prabowo Subianto pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Kalau memang itu yang telah disepakati, saya mengucapkan selamat," kata Sandiaga dikutip dari keterangan tertulisnya, Senin (14/8/2023).

Menurutnya, wajar apabila partai-partai politik mulai memantapkan arah dukungannya, mengingat waktu pendaftaran pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) tinggal dua bulan lagi.

Bergabungnya Golkar dan PAN ke KKIR sekaligus menjadi tanda bahwa konsolidasi jelang Pilpres 2024 sudah dimulai.

"Dan memang sekarang tinggal dua bulan lagi menuju pendaftaran, dan memang sudah saatnya bisa berkonsolidasi," kata menteri pariwisata dan ekonomi kreatif (menparekraf) itu.

Lebih lanjut, Sandiaga akan melaporkan perkembangan dinamika politik terbaru ini kepada Plt Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono. Sehingga, Mardiono bisa segera berkonsolidasi dengan PDI Perjuangan. Diketahui, PPP dan PDIP menjalin kerja sama politik dan mengusung Ganjar Pranowo sebagai capres.

"Saya tentunya akan berkoordinasi dengan pimpinan partai yang warna hijau, untuk berbicara dengan partai yang warna merah," ujar Sandiaga.

Konsolidasi tersebut katanya akan segera digelar, mengingat Pilpres 2024 tinggal beberapa bulan lagi.

"Mungkin, karena waktunya sangat sempit dibandingkan dengan 2019 kita kampanye delapan bulan lebih, tapi sekarang ini hanya 70 hari, sedangkan wilayah yang harus dikunjungi ini sangat banyak, jadi memang sudah saatnya kita berkonsolidasi," ungkap.

"Dan ini akan menjadi inspirasi agar bangsa kita bisa fokus melihat gagasan terbaik membangun (bangsa), karena kita semua bersaudara, kita memang sedikit berbeda pilihan, tapi nanti setelah 14 Februari (2024), kita membangun bangsa bersama," imbuhnya.

Diketahui, Partai Golkar dan PAN baru saja memutuskan bergabung dengan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) dan mendukung Prabowo Subianto sebagai calon presiden (capres) pada Pilpres 2024.

Deklarasi dukungan digelar di halaman belakang Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat pada Minggu (13/8) pagi.

Dengan begitu, Prabowo didukung empat partai politik parlemen yaitu Gerindra, Golkar, PKB, dan PAN.

Rekomendasi