Buka Sidang Tahunan Pakai Pantun, Ketua MPR: Terima Kasih Atas Kehadirannya, Walaupun Koalisi Masih Bisa Berubah-ubah

| 16 Aug 2023 10:12
Buka Sidang Tahunan Pakai Pantun, Ketua MPR: Terima Kasih Atas Kehadirannya, Walaupun Koalisi Masih Bisa Berubah-ubah
Bambang Soesatyo (Dok. MPR)

ERA.id - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo alias Bamsoet membuka Sidang Tahunan 2023 yang digelar di Ruang Paripurna, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (16/8/2023).

Sebelum memulai pidatonya, Bamsoet membuka Sidang Tahunan 2023 dengan dua bait pantun. Salah satunya menyinggung soal kerja sama politik jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

"Sebelum saya lanjutkan, izinkan saya mengawali sidang ini dengan dua bait pantun," ucap Bamsoet.

"Burung perkutut, di atas awan. Terbang tinggi, hinggap di pohon beringin. Terima kasih atas kehadiran tuan dan puan, walaupun koalisi masih bisa berubah-ubah," katanya.

Satu bait pantun itu langsung membuat riuh Ruang Paripurna. Suara tawa terdengar lantaran tergelitik dengan pantun tersebut.

Adapun pantun kedua, MPR RI mengingatkan pentingnya Pancasila sebagai landasan negara.

"Bunga dedap di atas para, Anak dusun pasang pelita. Sudah 78 tahun Indonesia merdeka, Saatnya kita wujudkan Indonesia jaya, berlandaskan Pancasila," kata Bamsoet.

Diketahui, Sidang Tahunan DPR/MPR digelar 16 Agustus 2023. Dalam sidang ini, Presiden Joko Widodo akan menyampaikan pidato kenegaraan. Jokowi juga bakal membacakan nota keuangan dan APBN tahun berikutnya di hadapan anggota dewan.

Sidang Tahunan dihadiri oleh Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin beserta jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju.

Para presiden dan wakil presiden terdahulu juga turut hadir, antara lain Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri, Wakil Presiden kesembilan RI Hamzah Haz, Wakil Presiden keenam RI Try Soetrisno, Wakil Presiden RI ke 10 dan 12 Jusuf Kalla, dan Istri Presiden keempat RI Abdurrahman Wahid, Sinta Nuriyah.

Sejumlah ketua umum partai politik juga nampak hadir, diantaranya Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh, Plt Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono.

Rekomendasi