BEM UI Tantang Prabowo, Anies, Ganjar Debat di Kampus: Jika Punya Nyali!

| 22 Aug 2023 13:12
BEM UI Tantang Prabowo, Anies, Ganjar Debat di Kampus: Jika Punya Nyali!
Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, Anies Baswedan. (Antara)

ERA.id - Badan eksekutif mahasiswa universitas Indonesia (BEM UI) menantang tiga bakal calon presiden (bacapres), yakni Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan untuk melakukan debat terbuka di UI.

Melki menyampaikan hal itu merespons putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang merevisi materi Pasal 280 ayat (1) huruf h UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (Pemilu).

Di mana dalam pasal itu kini memperbolehkan peserta Pemilu untuk kampanye di fasilitas pemerintah dan pendidikan sepanjang mendapat izin dari penanggung jawab tempat dimaksud dan hadir tanpa atribut kampanye Pemilu.

"Jika memang punya nyali, BEM UI mengundang semua calon presiden/bakal calon presiden untuk hadir ke UI karena kami siap untuk menguliti semua isi pikiran kalian. Kami siap menyampaikan aspirasi kami dan mendebat seluruh argumen kalian jika perlu," kata Ketua BEM UI, Melki Sedek Huang kepada wartawan dikutip Selasa (22/8/2023).

Melki menyebut tantangan itu dilayangkan karena BEM UI ingin pemimpin yang cerdas dan berpihak untuk rakyat. Sebab menurutnya, generasi muda sudah bosan melihat kampanye yang minim substansi dan lip service semata.

Tantangan debat ini juga diberikan karena BEM UI tak ingin calon pemimpin bangsa Indonesia hanya pencitraan dan lip service saja.

"Kebolehan institusi pendidikan untuk mengundang para calon pemimpin harus digunakan untuk menguji substansi dan isi otak tiap calon pemimpin, bukannya jadi ladang cari muka para pimpinan kampus dan ladang main mata kaum intelektual dan politisi saja," ucapnya.

Rekomendasi