Survei Litbang Kompas Ungkap Tiga Nama Cawapres dengan Elektabilitas Tertinggi, Salah Satunya Ridwan Kamil

| 22 Aug 2023 16:51
Survei Litbang Kompas Ungkap Tiga Nama Cawapres dengan Elektabilitas Tertinggi, Salah Satunya Ridwan Kamil
Ridwan Kamil (Antara)

ERA.id - Litbang Kompas telah merilis hasil survei terbaru. Pada Selasa (22/8/2023), mereka mengungkap hasil survei calon wakil presiden (cawapres) untuk pemilu tahun depan. Berdasar survei yang dilakukan pada 27 Juli - 7 Agustus 2023, Litbang Kompas mendapatkan tiga nama cawapres yang elektabilitasnya paling tinggi. Yakni Ridwan Kamil, Sandiaga Uno, dan Erick Thohir.

Ketiga nama itu bersaing ketat dengan elektabilitas pada angka 8 persen. Ridwan Kamil yang masih bertugas sebagai Gubernur Jawa Barat berada di urutan pertama dengan elektabilitas 8,4 persen.

”Sekarang Ridwan Kamil berada di posisi atas,” ungkap peneliti Litbang Kompas Bambang Setiawan dalam ulasan hasil survei Litbang Kompas yang disiarkan melalui laman kompas.id.

Dalam hasil survei Litbang Kompas yang dirilis pada Mei 2023, Ridwan Kamil berada di posisi kedua. Sementara Sandiaga Uno berada di posisi pertama.

Sebaliknya, dalam hasil survei Litbang Kompas Agustus 2023, Ridwan Kamil yang elektabilitasnya terpotret paling tinggi. Dia menyusul Sandiaga Uno yang kini berada di bawahnya dengan angka elektabilitas 8,2 persen.

Sementara di posisi ketiga, kini ada nama Erick Thohir dengan elektabilitas 8 persen. Menurut Bambang, perubahan elektabilitas cawapres yang terpotret melalui survei Litbang Kompas menunjukkan bahwa pemilihan cawapres masih penuh dengan dinamika. Apalagi setelah Partai Golkar dan PAN bergabung dengan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR).

Secara otomatis kini ada dua nama cawapres potensial dalam koalisi yang mendukung Prabowo Subianto maju sebagai calon presiden (capres). Yakni Ridwan Kamil sebagai wakil ketua umum bidang penggalangan pemilih Partai Golkar dan Erick Thohir yang belakangan ini sering ditawarkan oleh PAN untuk menjadi cawapres.

”Dengan masuknya PAN yang diketahui menawarkan Erick sebagai cawapres Prabowo dan juga masuknya Golkar, itu sangat mungkin akan mengubah konstelasi dukungan para capres, termasuk Erick dan Ridwan Kamil,” ungkap dia.

Selain nama Ridwan Kamil, Sandiaga Uno, dan Erick Thohir yang menduduki tiga besar cawapres dengan elektabilitas tertinggi, ada nama Gibran Rakabuming Raka dan Mohammad Mahfud MD yang diprediksi menjadi kuda hitam.

Survei Litbang Kompas dilakukan melalui wawancara tatap muka dengan jumlah total responden sebanyak 1.364 orang. Seluruhnya dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 38 provinsi. Tingkat kepercayaan atas survei tersebut mencapai 95 persen dengan margin of error penelitian lebih kurang 2,65 persen. Survei tersebut secara penuh dibiayai oleh Harian Kompas.

Rekomendasi