PKB Tak Masalah Nama Koalisi Berubah, Asal Piagam Sentul Masih Jadi Pegangan

| 29 Aug 2023 22:36
PKB Tak Masalah Nama Koalisi Berubah, Asal Piagam Sentul Masih Jadi Pegangan
Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar. (Antara)

ERA.id -  Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tak masalah nama koalisi dengan Partai Gerindra, Partai Golkar, dan PAN diubah menjadi Koalisi Indonesia Maju. Namun, piagam kerja sama yang ditandatangani di Sentul tahun lalu tak berubah.

"Meskipun secara prinsip PKB nggak masalah ada perubahan nama tetapi semangat deklarasi Sentul tetap menjadi pegangan," kata Ketua DPP PKB Daniel Johan di Kompleks Parlemen, Senayan, Selasa (29/8/2023).

Adapun piagam kerja sama Sentul itu merupakan perjanjian kerja sama politik antara Partai Gerindra dengan PKB. Salah satu poin perjanjian yaitu calon presiden dan calon wakil presiden yang akan diusung harus berdasarkan keputusan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskadar.

PKB menilai, piagam kerja sama itu merupakan nyawa koalisi dengan Partai Gerindra. Sehingga poin-poin kesepakatannya tak boleh berubah.

Oleh karena itu, meskipun Golkar dan PAN merapat, penentuan soal cawapres tetap berada di tangan Cak Imin.

"Ya (piagam kerja sama Sentul) itu kan nyawanya koalisi," kata Daniel.

"Kan sudah punya komitmen itu kalau misalkan itu akan dibahas tetapi pada akhirnya akan keputusan final pemegang kuncinya hanya dua ketua umum," imbuhnya.

Namun, jika piagam kerja sama berubah, PKB akan mempertimbangkan masa depan dengan Koalisi Indonesia Maju.

"Persoalannya nanti ternyata ada perubahan signifikan, Cak Imin akan melaporkan ke DPP, Cak Imin akan mendengarkan masukan, keputusan Dewan Syura dan para kiai, kita lihat seperti apa," pungkas Daniel.

Rekomendasi