Dewan Syura PKB Sempat Pertimbangkan Tiga Opsi Koalisi, Salah Satunya Dengan Anies

| 01 Sep 2023 10:25
Dewan Syura PKB Sempat Pertimbangkan Tiga Opsi Koalisi, Salah Satunya Dengan Anies
Sekretaris Dewan Syura PKB Maman Imanulhaq. (Antara)

ERA.id - Sekretaris Dewan Syura PKB Maman Imanulhaq mengatakan, pihaknya sudah mendengar adanya tiga opsi koalisi untuk dijajaki partainya. Perkembangan dinamika politik ini nantinya akan disampaikan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin dalam rapat pleno Dewan Syura.

Opsi pertama, kata Maman, yaitu bertahan dengan koalisi bersama Partai Gerindra dan mendukung Prabowo Subianto bepasangan dengan Cak Imin. Tetapi sudah satu tahun berlalu, belum ada kejelasan.

"Jadi kiai-kiai ini kita kehilangan momentum dong Prabowo-Muhaimin dari mulai Ramadan sudah lewat, Idul Fitri udah lewat, Idul Adha udah lewat, udah lewat, lewat deh segalanya. Nah seperti itu," kata Maman di Kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Jumat (1/9/2023).

Opsi kedua yaitu, mendukung bacapres dari PDI Perjuangan Ganjar Pranowo. Dalam prosesnya, Cak Imin sudah sempat bertemu dengan gubernur Jawa Tengah.

Opsi terakhir, kiai ada yang mengusulkan bersama dengan Anies Baswedan.

"Lalu ada yang ngomong 'loh kenapa kalau enggak dengan Anies'," kata Maman.

Perkembangan-perkembangan itulah yang akan dilaporkan Cak Imin dalam rapat pleno Dewan Syura pagi ini.

"Jadi ketum nanti akan melaporkan perkembangannya, bagaimana hari ini perkembangan survei untuk caleg-caleg. Bagaimana perkembangan calon-calon Pilkada termasuk perkembangan dalam pilpres ini. Jadi kita akan dengar nanti lalu masukan-masukannya," jelas Maman.

Dia menambahkan, setelah ketum menyampaikan laporan maka Dewan Syura akan memberikan pertimbangan, kemudian dilanjutkan dengan keptusan dari Dewan Tanfidz.

"Biasanya habis rapat nanti diumumkan oleh ketum bahwa ini lho saya melaporkan ini ke partai, lalu Dewan Syura memberikan pertimbangan ini, lalu Dewan Tanfidz memberikan keputusan ini," kata Maman.

Setelah itu, PKB akan melakukan deklarasi capres dan cawapres. Deklarasi itu rencananya dilaksanakan hari ini di Surabaya.

"Setelah itu lalu kita akan membawa ini ke forum yang lebih besarnya apakah mungkin ada deklarasi dan yang lain sebagainya karena jujur aja kita sudah pengin banget keliling dengan satu tujuan bahwa ada nama Gus Muhaimin di kita," pungkasnya.

Rekomendasi