Elektabilitas Tinggi, Survei Indikator Sebut Publik Menginginkan Erick Thohir Cawapres Prabowo di Pilpers 2024

| 01 Oct 2023 13:26
Elektabilitas Tinggi, Survei Indikator Sebut Publik Menginginkan Erick Thohir Cawapres Prabowo di Pilpers 2024
Prabowo Subianto, Erick Thohir dan Presiden Jokowi. (Antara)

ERA.id - Baru-baru ini lembaga survei nasional dari Indikator Politik Indonesia (IPI) menunjukkan Calon Wakil Presiden (Cawapres) yang cocok untuk Calon Presiden (Capres) Prabowo Subianto adalah Menteri BUMN Erick Thohir. Hal itu terlihat dari simulasi 10 nama, Ketum PSSI mendapatkan urutan pertama dengan torehan 25,8 persen suara.

Survei yang dilakukan pada 25 Agustus hingga 3 September 2023 ini memperlihatkan menteri andalan dan kepercayaan Presiden Jokowi ini berhasil mengalahkan kandidat potensial lainnya untuk  pendamping Capres Koalisi Indonesia Maju (KIM) tersebut. Dalam pantauan survei tersebut urutan kedua  diperoleh Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka (14,1 persen). 

Selanjutnya Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa (5,1 persen), dan Ketum Gerinda Airlangga Hartarto (4,8 persen).

"Ini cawapres pilihan publik yang dianggap paling pantas mendampingi Prabowo, urutan pertama Erick Thohir dalam jumlah cukup signifikan selisihnya dibandingkan yang lain," kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia (IPI) Burhanuddin Muhtadi dikutip dari kanal YouTube IPI Sabtu (30/09/2023).

Survei melibatkan total 4.090 responden dengan sampel basis nasional 1.200 seluruh Indonesia. Tentu ini menjadi bukti konkret Ketum Masyarakat Ekonomi Syariah ini memiliki kepercayaan besar oleh publik untuk menjadi cawapres Prabowo Subianto. Lebih lanjut, Burhanuddin mengungkapkan alasan mengapa Erick Thohir ini sangat cocok dipasangkan oleh Menteri Perthanan tersebut. 

Salah satunya adalah kinerja yang dimiliki Eks Presiden Inter Milan ini sangat disukai oleh publik.

"Ini alasan mengapa responden menganggap Erick Thohir pantas mendampingi Prabowo di pilpres mendatang. Sebesar 18,6 persen responden memilih Erick Thohir kinerjanya baik," ungkap Burhanuddin.

Seperti diketahui, Erick Thohir memang memiliki rekam jejak yang sangat baik. Misalnya di Kementrian BUMN, Erick Thohir berhasil membuat program-program unggulan yang dirasakan oleh masyarakat.

Adapun programnya seperti Magenta BUMN untuk memberikan pengalaman kerja untuk generasi muda, program hunian murah untuk generasi muda, dan Pasar Digital UMKM untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah. Maka tak heran, Erick Thohir menjadi pilihan tepat sebagai cawapres untuk Prabowo Subianto.

Rekomendasi