Banyak Prestasi Pimpin BUMN, Pengamat Nilai Erick Thohir Layak Dampingi Prabowo di Pilpres 2024

| 28 Sep 2023 16:17
Banyak Prestasi Pimpin BUMN, Pengamat Nilai Erick Thohir Layak Dampingi Prabowo di Pilpres 2024
Menteri BUMN Erick Thohir. (Antara)

ERA.id - Menteri BUMN Erick Thohir selama memimpin Kementerian BUMN telah menorehkan banyak prestasi. Hal tersebut membuat Erick Thohir dinilai layak untuk menjadi Calon Wakil Presiden (Cawapres) mendampingi Calon Presiden (Capres) Prabowo Subianto di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

“Prestasi Erick Thohir juga banyak selama ia memimpin Kementerian BUMN, layak bersama Pak Prabowo,” kata Direktur Executive Partner Politik Indonesia, AB Solissa saat dihubungi, Rabu (28/09/2023).

Menurutnya, masyarakat saat ini semakin menginginkan Erick Thohir jika berpasangan dengan Prabowo. Itu ditunjukkan dengan tingginya elektabilitas Prabowo jika dipasangkan dengan Erick Thohir.

Dalam survei yang dilakukan Polling Institute pada periode 21-25 Agustus 2023 menunjukkan elektabilitas Prabowo semakin meningkat jika dipasangkan dengan Erick Thohir. Dalam simulasi tersebut terlihat elektabilitas Prabowo – Erick Thohir berada di angka sebesar 47,1 persen. 

Raihan tersebut lebih tinggi dibanding jika Prabowo disandingkan dengan Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka yang hanya meraih 44,4 persen. Erick Thohir menjadi sosok yang paling diterima masyarakat untuk mendampingi Prabowo.

“Kalau kita baca tren survei maupun dinamika yang berkembang di masyarakat dalam satu bulan terakhir ini memang ada semacam kecenderungan publik yang menginginkan Prabowo Subianto dan Erick Thohir berpasangan di Pilpres 2024,” ucap Solissa.

Selain karena memiliki kompetensi yang mumpuni, Erick Thohir juga dinilai sebagai sosok yang dapat melengkapi Prabowo. Erick Thohir datang dari masyarakat sipil, sementara Prabowo merupakan tokoh militer yang tangguh.

“Sedangkan Erick Thohir adalah figur yang merepresentasi kepentingan sipil yang punya rekam jejak baik di masyarakat,” pungkas Solissa.

Rekomendasi