NasDem Jawab Polemik Hilangnya Kabar Mentan Syahrul di Eropa

| 04 Oct 2023 13:20
NasDem Jawab Polemik Hilangnya Kabar Mentan Syahrul di Eropa
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

ERA.id - Kabar Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) hilang kontak di Eropa di tengah isu kasus korupsi, dipastikan tidak benar.

Bendahara Umum Partai NasDem, Ahmad Sahroni mengatakan, SYL sedang menjalani pengobatan prostat di Eropa. Seharusnya, dia kembali ke Tanah Air pada 1 Oktober 2023.

"Tidak menghilang. Pak Mentan seharusnya sudah di Jakarta tanggal 1 Oktober, tapi karena ada problem prostatnya, jadi pengobatan dahulu," kata Sahroni, Rabu (4/10/2023).

Dia mengaku, Partai NasDem sudah mendapat kabar terkini dari SYL. Perihal kabar hilang kontak, menurutnya hal itu disebabkan karena SYL tak sempat memegang alat komunikasi saat menjalani pengobatan.

Sahroni juga mengaku tak tahu pasti di mana SYL menjalani pengobatan prostat. "Saya enggak tahu dirawat di mana. Cuma dapat informasi saja, karena prostatnya masalah, akhirnya dia enggak pegang komunikasi, tapi sudah terkomunikasi (dengan SYL)," kata Sahroni.

Dari komunikasi itu, dia memastikan SYL akan tiba di Tanah Air pada 5 Oktober 2023. Menurutnya, hal itu merupakan perintah langsung dari Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh agar kadernya segera pulang setelah berobat.

Setibanya di Jakarta, kata Sahroni, SYL akan langsung menghadap ke Surya Paloh. Namun dia tak menjelaskan apa yang akan dibicarakan keduanya. "Sudah terkomunikasi, dikasih tahu bahwa tanggal 5 dia kembali. Dan ketua umum sudah memerintahkan untuk segera kembali dan menghadap ketua umum," ujarnya.

Sebelumnya, muncul kabar Mentan SYL hilang kontak di sela-sela kunjungan kerja ke Eropa bersama sejumlah pejabat Kementerian Pertanian. Kabar itu beredar di tengah isu dirinya ditetapkan sebagai tersangka korupsi oleh KPK.

Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qolbi menyatakan tidak mendapatkan kabar dari Menteri Pertanian dan juga belum melakukan kontak hingga saat ini.

"Kalau dari Spanyol, informasi terakhir yang kami terima itu memang berbarengan dengan beberapa pejabat eselon kami. Eselon i ada yg ikut 3 orang, juga ada eselon ii yang ikut kunjungan kerja pak menteri, dan ada beberapa staf. Kembali ke tanah airnya ini memang masing-masing karena mungkin tiket juga terbatas. Akhirnya terpisah," jelas Harvick di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta.

Dia mengatakan dirinya melakukan komunikasi terakhir dengan SYL sebelum Menteri Pertanian tersebut melakukan kunjungan kerja ke Spanyol dan juga Roma.

Harvick juga menyatakan jika instansi terkait telah melakukan pencarian keberadaan politisi NasDem itu. "Ini belum tahu kita ini posisi akhirnya," jelas dia.

Rekomendasi