Mentan Syahrul Yasin Limpo Resmi Ajukan Surat Pengunduran Diri ke Jokowi

| 05 Oct 2023 18:19
Mentan Syahrul Yasin Limpo Resmi Ajukan Surat Pengunduran Diri ke Jokowi
Mentan Syahrul Yasin Limpo (Antara)

ERA.id - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyerahkan surat pengunduran diri kepada Presiden RI Joko Widodo melalui Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno pada Kamis (5/10/2023).

"Saya baru saja menerima kunjungan pak syl dan bu siti nurbaya. Pam Syahrul menyampaikan surat kepada pak presidem yang isinya pengunduran diri sebagai menteri pertanian," jelas Pratikno di kantornya.

Dia mengatakan surat pengunduran diri tersebut akan segera ditindaklanjuti.

"Jadi surat itu sudah kami terima baru saja. Dan segera saya laporkan ke presiden," jelas dia.

Pratikno menyatakan rencananya Menteri Syahrul Yasin Limpo diagendakan untuk bertemu dengan Presiden RI Joko Widodo.

"Kemungkinannya adalah karena sudah menungundurkan diri maka akan diterbitkan Kepres dan kita harus mencari orang yang melaksanakantugas sbg menteri pertanian," jelas dia.

Sebelumnya, Ketua Umum NasDem, Surya Paloh menyebut dirinya meminta Syahrul Yasin Limpo (SYL) menghadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mundur sebagai Menteri Pertanian (Mentan).

"Untuk itu, saya sudah menerima laporan daripada Bung Syahrul, atas nama dpp saya menyatakan segera menghadap presiden sampaikan surat Pengunduran diri sebagai menteri pertanian," kata Paloh di NasDem Tower, Jakarta Pusat, Kamis (5/10/2023).

Alasannya, agar Yasin Limpo bisa berkonsentrasi menghadapi proses hukum yang sedang menjeratnya.

"Agar apa? Sekali lagi memberikan penghormatan terhadap upaya penyidikan yang sedang berlangsung terhadap dirinya. Agar dia penuh konsentrasi," ucapnya.

Rekomendasi