Satgas Cartenz Tangkap 3 Pelaku Pembunuhan Aktivis Michele Kurisi di Papua

| 09 Oct 2023 18:45
Satgas Cartenz Tangkap 3 Pelaku Pembunuhan Aktivis Michele Kurisi di Papua
Aktivis Michele Kurisi (Dok Istimewa)

ERA.id - Satgas Operasi Damai Cartenz 2023 berhasil menangkap tiga pelaku yang membunuh aktivis perempuan Papua, Michele Kurisi Doga.

Tiga orang yang ditangkap itu yaitu PM di Jayawijaya, AW di Jayapura, dan RK alias RM di Tolikara.

"Total terduga pelaku diperkirakan berjumlah tujuh orang," kata Kabid Humas Polda Papua, Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo kepada wartawan, Senin (9/10/2023).

Sebanyak empat orang yang masih menjadi buronan yaitu KW, JW, DW, dan K. Hasil pemeriksaan sementara, para pembunuh Michele Kurisi merupakan anggota Komite Nasional Papua Barat (KNPB) yang aktif menyebarkan propaganda negatif tentang isu Papua di media sosial.

"Saat ini ketiga terduga pelaku telah diamankan di Polda Papua untuk menjalani proses penyidikan lebih lanjut," ucapnya.

Sebelumnya, aparat gabungan TNI-Polri dan Satgas Damai Cartenz 2023 telah mengevakuasi jenazah Michelle Kurisi Ndoga yang tewas dibunuh diduga oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua.

Kombes Ignatius Benny menerangkan polisi juga telah melakukan olah TKP usai menemukan jenazah Michelle di kawasan Distrik Kolawa Kabupaten Lanny Jaya, Papua Pegunungan, Kamis (31/8/2023) sekira pukul 12.52 WIT.

Namun, Benny tak merinci luka yang ditemukan di tubuh korban saat jenazah dievakuasi. "Saat ini jenazah sudah ada di RSUD Wamena untuk dilakukan autopsi," kata Benny kepada wartawan, Kamis (31/8).

Benny pun menyebut kasus ini dalam tahap penyelidikan. Polisi akan mengusut kasus ini dan menangkap pelaku yang membunuh wanita asli Papua ini.

Rekomendasi