Anies Sebut Anwar Ibrahim Jadi Inspirasinya, Ngobrol soal Masa Depan Indonesia dan Malaysia

| 13 Oct 2023 14:26
Anies Sebut Anwar Ibrahim Jadi Inspirasinya, Ngobrol soal Masa Depan Indonesia dan Malaysia
Bakal calon presiden (capres) dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan ANTARA/Dokumentasi Pribadi

ERA.id - Bakal calon presiden (capres) dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan menyebut bahwa Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim merupakan inspirasi bagi dirinya dan banyak orang lainnya.

"Pak Anwar Ibrahim adalah inspirasi bagi kita semua, juga untuk diri saya. Dia adalah pemimpin para pelajar, pemimpin para pemuda, pemimpin Malaysia, dan kisahnya juga terdengar di seluruh Indonesia. Kami mengikuti dan sangat bangga terhadap beliau dan kepemimpinan beliau," kata Anies dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat.

Hal itu disampaikan-nya saat melangsungkan pertemuan dengan Anwar Ibrahim di Putrajaya, Malaysia, Kamis (12/10).

Dalam akun media sosialnya, Anies menuturkan bahwa pertemuan dengan Anwar Ibrahim berjalan dengan suasana yang hangat.

"Suasana berbincang yang amat hangat, isi perbincangan beliau yang luas wawasan, hikmahnya mendalam, dan pengalamannya kaya. Kami larut dalam perbincangan yang melampaui jatah waktu. Selalu mengesankan," tulis Anies dalam Instagram resminya @aniesbaswedan.

Pada pertemuan tersebut, Anies menuturkan bahwa Indonesia dalam 25 tahun terakhir tengah menjalani transformasi, di mana reformasi sendiri dilakukan sejak tahun 1998.

"Saya melihat, ini (Indonesia dan Malaysia) adalah dua negara yang memiliki populasi Muslim dalam jumlah besar dan mempraktikkan demokrasi, mempraktikkan toleransi. Saya tidak bisa memikirkan kata lain, selain melanjutkan jalan untuk mewujudkan keadilan bagi semua agar transformasi ini terus berjalan," tuturnya.

Menurut dia, Indonesia dan Malaysia dapat terus mendorong Asia Tenggara untuk dikenal di tingkat global sebagai kawasan yang menjalankan demokrasi dengan baik.

"Dunia dapat melihat kita di sini, di Asia Tenggara, kita bisa mengatakan bahwa ini adalah dua negara yang dengan penduduk mayoritas Muslim, mempraktikkan demokrasi untuk memberikan kesetaraan untuk mewujudkan kemakmuran," kata Anies.

Sementara itu, Anwar Ibrahim dalam akun media sosialnya mengatakan dirinya dan Anies sejalan bahwa diperlukan kerja sama di berbagai bidang untuk memperkuat hubungan antara Indonesia dengan Malaysia.

"Kami juga senada bahawa wujud keperluan untuk memperkukuhkan lagi hubungan antara kedua-dua negara meliputi pelbagai kerja sama," tulis Anwar Ibrahim dalam Instagram resminya @anwaribrahim_my, Kamis (12/10).

Rekomendasi