Polda Metro Buka Suara soal Mantan Atlet Bulu Tangkis yang Bersaksi soal Pertemuan Firli dengan SYL

| 13 Oct 2023 17:47
Polda Metro Buka Suara soal Mantan Atlet Bulu Tangkis yang Bersaksi soal Pertemuan Firli dengan SYL
Ketua KPK Firli Bahuri dan Eks Mentan SYL (Dok Istimewa)

ERA.id - Polda Metro Jaya buka suara soal mantan atlet bulu tangkis Indonesia, Eddy Hartono dan Trikus Heryanto yang mengungkapkan isi pertemuan antara Ketua KPK Firli Bahuri dan mantan Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo (SYL) di GOR Badminton Jakarta.

Dirreskrimsus Polda Metro Jaya, Kombes Ade Safri Simanjuntak menyebut semua saksi yang dinilai penyidik mengetahui peristiwa pidana akan dipanggil untuk dimintai keterangan.

"Semua saksi yang ada dalam peristiwa tindak pidana yang terjadi yang saat ini sedang dilakukan penyidikan oleh penyidik Subdit Tipikor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, semuanya pasti akan dilakukan pemeriksaan," kata Ade Safri kepada wartawan, Jumat (13/10/2023).

Namun, Ade tak merinci kapan mantan atlet bulu tangkis itu dipanggil. Perwira menengah Polri ini hanya menyebut pemeriksaan terhadap keduanya dan para saksi-saksi lainnya dilakukan untuk mencari-cari bukti dalam mengungkap kasus ini.

Sebelumnya, Eddy Hartono dan Trikus Heryanto mengungkapkan pertemuan antara Ketua KPK Firli Bahuri dan Syahrul Yasin Limpo (SYL) di GOR Badminton Jakarta. Katanya, perjumpaan itu bukan berlangsung tertutup, melainkan banyak orang, termasuk dirinya. "Bukan foto berdua, melainkan ramai-ramai," kata Eddy, Minggu (8/10).

Eddy kaget karena sering menjadi lawan main badminton Firli di GOR Jakarta. Pemain bulu tangkis era 1990-an itu tahu persis pertemuan tersebut dan membantah jika pertemuan tersebut terjadi hanya di antara kedua orang itu. Ia mengaku dirinya berada di lokasi pada saat foto tersebut diambil pada tahun lalu.

Jika pada tanggal 2 Maret 2022, Firli yang saat itu sedang bermain badminton bersama atlet badminton lainnya seperti Trikus Haryanto serta pemain lain, melihat kedatangan Menteri Syahrul secara tiba-tiba. Kedatangan Syahrul hendak menemui Firli yang saat itu sedang bermain badminton.

Eddy mengatakan pertemuan yang sangat singkat itu hanya dalam hitungan menit, karena Firli kembali bermain badminton berpasangan dengan Trikus Heryanto melawan Didit Juang dan Dwiky.

"Mentan (saat itu yang bersangkutan masih menjabat Menteri Pertanian, red) sempat menunggu. Setelah itu, langsung pulang," ungkap Eddy.

Rekomendasi