Direktur Dumas KPK Usai Diperiksa soal Dugaan Pemerasan ke SYL: Aman

| 16 Oct 2023 18:40
Direktur Dumas KPK Usai Diperiksa soal Dugaan Pemerasan ke SYL: Aman
Polda Metro Jaya (Antara)

ERA.id - Direktur Pelayanan Pelaporan dan Pengaduan Masyarakat (Dumas) KPK, Tomi Murtomo telah selesai menjalani pemeriksaan terkait pimpinan KPK diduga memeras mantan Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo (SYL), pada Senin (16/10/2023) hari ini.

Tomi keluar gedung Promoter Polda Metro Jaya sekira pukul 18.00 WIB bersama rombongannya. Dia tak banyak bicara dan hanya menyebut telah memberi keterangan dengan sebaik-baiknya.

"Aman, aman," ucap Tomi di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (16/10/2023).

Tomi menambahkan informasi lebih lanjut bisa ditanya ke penyidik.

"Tanya penyidiknya aja," tambah Tomi. Setelah itu, dia naik mobil berpelat B 1373 SQR dan meninggalkan Polda Metro Jaya.

Terpisah, Dirreskrimsus Polda Metro Jaya, Kombes Ade Safri Simanjuntak menyebut Tomi diperiksa dari pukul 10.30 WIB.

"Sudah selesai (diperiksa), mulai jam 10.30 WIB sampai pukul 17.00 WIB," ucap Ade.

Diketahui, Tomi sebelumnya mangkir saat dipanggil penyidik Polda Metro Jaya pada Kamis (12/10) lalu. 

Aide de camp (ADC) atau ajudan Ketua KPK, Firli Bahuri, Kevin Egananta Joshua sebelumnya diperiksa Jumat (13/10) lalu. Ade tak merinci hasil pemeriksaan ke Kevin. Dia hanya menyebut Kevin kembali diperiksa pada Rabu (18/10/2023) depan.

"Yang jelas seluruh saksi-saksi yang dipanggil oleh penyidik Subdit Tipikor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya adalah untuk menggali, mencari, dan mengumpulkan bukti-bukti, dan dengan bukti itu diharapkan bisa menjadi membuat terang tindak pidana dan menemukan tersangkanya," ucap Ade, Jumat (13/10).

Rekomendasi