Surati Jokowi Soal Jadi Cawapres Ganjar, Mahfud MD: Saya Akan Ketemu Setelah Beliau Tiba di Indonesia

| 18 Oct 2023 16:10
Surati Jokowi Soal Jadi Cawapres Ganjar, Mahfud MD: Saya Akan Ketemu Setelah Beliau Tiba di Indonesia
Ketum Parpol bersama pasangan capres cawapres Ganjar dan Mahfud (Dok. PDIP)

ERA.id - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD mengatakan, sudah menyampaikan kepada Presiden Joko Widodo soal dirinya dipilih sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) Ganjar Pranowo. Kabar itu disampaikan Mahfud melalui surat yang dikirimkannya pada hari ini, Rabu (18/10).

"Oleh sebab itu hari ini juga saya ngirim surat kepada beliau bahwa hari ini saya menandatangani surat," kata Mahfud di Kemenkopolhukam, Jakarta Pusat, Rabu (18/10/2023).

Dalam surat tersebut, Mahfud juga meminta kesempatan untuk bertemu dengan Presiden Jokowi setibanya nanti di Tanah Air, untuk menyampaikan langsung prihal keputusan politiknya itu.

Diketahui, Presiden Jokowi saat ini tengah melakukan lawatan luar negeri ke China dan Arab Saudi.

"Iya, saya sudah kirim surat. Saya minta menghadap dalam kesempatan pertama presiden tiba di Indonesia. Nanti tergantung beliau," kata Mahfud.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu mengatakan, setelah ini akan membantu Ganjar memenangkan Pilpres 2024.

Dia bilang, penunjukannya sebagai bacawapres menjadi jawaban bagi para pendukungnya. Oleh karena itu, kampanye mendatang dipastikan akan lebih terarah.

"Sekarang udah bersatu. Besok semuanya langsung arahkan suara dan dukungan untuk kami," kata Mahfud ditemui di Kantor DPP PDIP usai deklarasi.

Sebelumnya, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengumumkan memilih Mahfud MD sebagai bacawapres Ganjar Pranowo.

Dia mengaku dipilihanya Mahfud sudah atas masukan dari ketua umum partai politik pendukung Ganjar.

"Saya dengan mantap, kini saya mengambil keputusan semuanya bagi kepentingan bangsa dan negara. Dengan mengucapkan Bissmillah, calon wakil presiden yang dipilih PDI Perjuangan yang akan mendampingi bapak Ganjar Pranowo adalah Profesor Mahfud MD," kata Megawati di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (18/10/2023).

Rekomendasi