Disinggung Soal Peluang Beri Karpet Merah ke Anak Jika Jadi Presiden, Ganjar: Kekuasaan itu Menggoda Maka Harus Kontrol Diri

| 18 Oct 2023 22:00
Disinggung Soal Peluang Beri Karpet Merah ke Anak Jika Jadi Presiden, Ganjar: Kekuasaan itu Menggoda Maka Harus Kontrol Diri
Ganjar Pranowo (Dok. PDIP)

ERA.id - Bakal Calon Presiden (Bacapres) dari PDI Perjuangan Ganjar Pranowo menyinggung soal kontrol diri jika kelak dirinya terpilih sebagai presiden ke delapan RI.

Hal itu menanggapi pertanyaan dari salah satu anak muda terkait peluangnya memberikan karpet merah kepada putra tunggal Ganjar, Alam Ganjar apabila nanti berkuasa.

Awalnya, Ganjar menjawab dengan kelakar. Dia bilang, kemungkinan hanya memberikan Alam baju berwarna merah saja.

"Saya mungkin hanya akan kasih baju merah saja ke dia," kata Ganjar saat Deklarasi Capres-Cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD di Gedung Arsip Nasional, Jakarta, Rabu (18/10/2023).

Ganjar lantas menyebut bahwa memegang kekusaan itu memang penuh dengan godaan. Karenanya, penting untuk mengetahui batasan dan kontrol diri terhadap kekuasaan.

"Yang saya sadari adalah, kekuasaan itu ada batasnya dan kekuasaan itu menggoda. Maka kita harus punya kontrol diri dan tahu diri," kata Ganjar.

Dia berpandangan, anak presiden ataupun kepala daerah harus memiliki kesempatan yang sama untuk meraih apa yang diinginkan.

Oleh karena itu, jika nantinya terpilih sebagai presiden,  Ganjar bakal berkonsentrasi membangun pendidikan. Sehingga semua anak di Indonesia bisa bersaing dengan setara.

"Saya kepingin semua yang sekolah, investasi pendidikan, kelak kemudian siapa pun bisa menjadi apa pun melalui jalur yang fair," kata Ganjar.

"Saya tidak mau kelak anaknya mas itu akan kalah dengan Alam, karena anak presiden. Saya tidak mau anaknya mas kalah dengan anak bupati, saya tidak mau anak mas akan kalah dengan anak gubernur atau siapa pun," lanjut Ganjar.

Lebih lanjut, dia meminta semua pihak membantunya untuk mengontrol diri jika nanti terpilih sebagai presiden 2024-2029.

"Karena itulah, penting teman-teman hadir untuk kemudian memberikan ke saya saran, kritik, kontrol. Karena semua butuh proses," pungkasnya.

Rekomendasi