Pasangan Ganjar-Mahfud Daftar ke KPU Hari Ini, Berangkat dari Tugu Proklamasi

| 19 Oct 2023 07:55
Pasangan Ganjar-Mahfud Daftar ke KPU Hari Ini, Berangkat dari Tugu Proklamasi
Pasangan Capres dan Cawapres, Ganjar dan Mahfud MD. (Dok. PDIP).

ERA.id - Pasangan Calon Presiden Ganjar Pranowo dan Calon Wakil Presiden Mahfud MD rencananya akan mendaftar ke KPU RI sekitar pukul 11:00 WIB, hari ini, Kamis (19/10/2023).

Ganjar-Mahfud rencananya akan berkumpul di Tugu Proklamasi. Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan lokasi tersebut merupakan tempat yang sakral.

"Kami akan berangkat dari Tugu Proklamasi, suatu tempat yang sangat penting karena tadi Prof Mahfud Md menggelorakan semangat pintu gerbang kemerdekaan itu oleh Bung Karno dan Bung Hatta, sehingga kami memulai dari tempat yang sangat sakral tersebut," kata Hasto di DPP PDIP, Jakarta, Rabu (18/10).

Nantinya, Ganjar dan Mahfud akan berpawai menuju KPU RI bersama partai pendukungnya yaitu PDIP, PPP, Hanura, dan Partai Perindo. Serta sejumlah organisasi relawan.

Ketua umum dari masing-masing partai pengusung juga rencananya ikut mendampingi Ganjar dan Mahfud mendaftar ke KPU RI.

"Kita akan mendaftar diiringi oleh seluruh komponen dari PDI Perjuangan, PPP, Perindo, dan Hanura, para relawan, dan juga masyarakat yang akan hadir," kata Hasto

"Akan ada beberapa element of surprise yang akan ditampilkan dalam desain acara itu," imbuhnya.

Hasto menambahkan, usai menyerahkan dokumen syarat pendaftaran, Ganjar dan Mahfud tidak akan melakukan orasi apapun di depan KPU RI.

Rombongan bakal membubarkan diri secara tertib.

"Setelah mendaftar dari KPU, kita ini kan tertib, sehingga tidak ada orasi-orasi di KPU, itu tidak ada karena kami memang ingin tertib," ucapnya.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI sudah menerima surat pemberitahuan resmi dari gabungan partai politik peserta pemilu yang mengusung bacapres Ganjar Pranowo dan Bacawapres .

Ketua Divisi Teknis KPU RI Idham Holik telah mengkonfirmasi hal itu. Dia mengatakan Ganjar bakal mendaftar ke KPU pada hari pertama pendaftaran capres cawapres dibuka.

"Iya benar, sudah diterima. (Mendaftar) Kamis 19 Oktober, jam WIB 11.00," kata Idham saat dikonfirmasi, Rabu (18/9).

Rekomendasi